Nostalgia Membuat Es Gabus Susu Cokelat

Banyak sekali jenis es tradisional yang ada di Indonesia dari es lilin, es kado, es buah, es serut dan lain-lain. Namun ada salah satu jenis es tradisional yang sekarang sangat langka untuk bisa ditemukan, karena sudah jarang sekali orang yang membuatnya dan menjualnya. Jenis es ini dahulu orang banyak yang menyebutnya sebagai es gabus yang sangat segar ketika dinikmati ketika siang hari, dengan cita rasa yang khas dan sangat berbeda dengan jenis es lainnya.

Jika dilihat dari namanya mungkin anda yang belum pernah mencicipinya pasti bertanya-tanya, karena namanya sangat aneh dan lucu, namun memang es ini dinamakan demikian karena memiliki keunikan yaitu ketika digigit es ini diibaratkan seperti gabus yang membungkus perangkat elektronik yang masih baru. Namun jangan salah sangka dulu ya, karena walaupun namanya demikian bukan berarti es ini terbuat dari bahan gabus, melainkan terbuat dari tepung hunkwe.

Es semacam ini dahulu sangat terkenal pada era tahun 1980an dan 1990an, oleh karena itu mungkin saja bagi anda yang memiliki masa kecil pada era tersebut mungkin masih mengingatnya. Sedangkan bagi anda yang belum pernah pasti akan penasaran bukan akan es yang sangat unik ini.

Pada umumnya es gabus dahulu berbentuk kotak-kotak persegi dengan beraneka ragam pilihan rasa yang sangat disukai oleh anak-anak kecil. Namun sayangnya es ini seakan-akan hampir punah karena banyaknya jenis es yang lebih modern dengan kemasan yang menarik dan sering dijual di mall-mall atau toko dengan berbagai merk ternama.

Mungkin bagi anda semua yang rindu ingin mencicipi kembali es gabus, atau yang sangat penasaran dengan es gabus tentu saja akan kesulitan untuk mendapatkannya. Oleh karena itu anda harus mencoba untuk membuatnya sendiri, dan jika anda belum tahu resep dan caranya bacalah yang dibawah ini.

Bahan-bahan yang dibutuhkan membuat Es Gabus Susu Cokelat

100 gram tepung hunkwe
1 liter susu cokelat
200 gram gula
1 sendok kecil vanilie

Cara membuatnya
1. Rebuslah susu dan gula sambil diaduk hingga mendidih dan merata
2. Tuangkan tepung hunkwe dan diaduk kembali
3. Jika sudah angkat dan masukan kedalam loyang tunggu hingga dingin
4. Jika sudah dingin potong-potong, kira-kira seperti pada gambar, kemudian bungkus dengan plastik
5. Jika semua potongan sudah, masukanlah kedalam freezer hingga membeku.
6. Es Gabus rasa susu cokelat siap untuk disajikan.

0 comments:

Post a Comment