Tentang Strowberry dan Cara Mengolahnya Menjadi Sirup

Strowberry adalah salah satu jenis buah yang berwarna merah dan terlihat sangat ranum, sehingga sangat digemari oleh seluruh masyarakt didunia. Berdasarkan beberapa sumber buah ini pertama kali ditemukan di Chili, Amerika untuk buah strowberry berjenis Fragaria chiloensis L yang kemudian menyebar keberbagai belahan dunia lainnya seperti seperti Eropa, Asia dan beberapa negara di benua Amerika sendiri.

Di Indonesia sendiri jenis buah strowberry yang pertama kali masuk adalah yang berjenis Fragaria vesca L, namun untuk yang sekarang banyak dijumpai diberbagai mal-mal atau super market adalah yang merupakan hasil persilangan dari strowberry asal Chili dengan strowberry asal Amerika Utara. Nama dari Strowberry sendiri diambil dari kata streaw atau "straw" dan berige atau "berry" yang merupakan bahasa Inggris kuno, namun sayangnya tidak diketahui mengenai maksud dari kata-kata tersebut. Namun untuk nama ilmiahnya yaitu Fragaria konon berasal dari kata Fragans yang artinya adalah harum.

Buah ini rasanya agak asam manis dan biasanya digunakan untuk berbagai macam keperluan sebagai bahan untuk membuat minuman, makanan, kue, permen dan lain-lain, namun juga tetap nikmat dan segar apabila dimakan langsung. Jika anda ingin menanamnya, tanaman untuk buah ini bisa berkembang dengan baik didaerah subtropis, namun juga bisa berkembang didaerah tropis pada dataran tinggi dengan suhu antara 17–20 derajat C, yang ditanam pada tanah liat yang berpasir namun tetap subur dan banyak mengandung bahan organik didalamnya.

Sebagai salah satu jenis buah, seperti buah-buah lainnya tentu saja  Strowberry juga memiliki berbagai macam manfaaat dan diantaranya adalah mampu mencegah kanker, menekan tekanan darah tinggi, mencegah terjadinya radang dan alergi, mencegah penyakit jantung, bahkan juga bisa untuk mengobati jerawat, memutihkan gigi dan lain-lain. Beberapa manfaat tersebut kami ambil dari sumber website Dokter sehat, dan jika anda ingin mengetahuinya lebih lanjut silahkan kunjungi website tersebut melalui link ini.

Setelah membaca sedikit uraian singkat mengenai buah Strowberry yang sangat populer dimasyarakat, bahkan kepopulerannya hingga dipakai untuk simbol-simbol untuk melabangkan hal-hal tertentu. Mari kita juga mencoba untuk membuat salah satu olahan dari buah ini dengan cara yang paling mudah, dan olahan ini adalah menjadikannya sebagai sirup, yang nantinya bisa kita jadikan sebagai minuman cepat saji buat anda, keluarga maupun tamu dirumah. Berikut resep dan cara membuatnya

Bahan-bahan yang dibutuhkan
1Kg buah Strowberry
1Kg gula pasir
Sedikit garam secukupnya kira-kira antara 1/2 - 1 sendok kecil
300 ml air

Cara Membuatnya
1. Buah Strowberry yang sudah dibersihkan potong kecil-kecil kemudian diblender hingga halus, kemudian saring untuk mengambil sarinya saja.

2. Jika sudah campurkan dengan gula dan sedikit garam kemudian rebuslah sambil diaduk hingga mendidih dan larut. Catatan lebih baik gunakan api kecil

3. Angkat dan biarkan hingga dingin, kemudian masukanlah kedalam botol-botol dan masukanlah kedalam lemari es. Sirup strowberry siap disajikan

Catatan tambahan, apabila anda ingin sirup dengan warna merah merona seperti sirup-sirup yang dijual ditoko-toko, ketika dimasak bisa ditambahkan dengan pewarna makanan berwarna merah sesuai dengan kebutuhan.

0 comments:

Post a Comment