Membuat Bubur Kacang Hijau Jali-jali yang Kaya Manfaat

Jali-jali adalah salah satu sumber karbohidrat selain beras dan konon juga bisa dijadikan sebagai obat herbal. Berdasarkan dari sumber yang telah kami dapatkan tanaman ini berasal dari Malaya dan Asia Timur dan sudah tersebar diberbagai penjuru dunia yang pada umumnya dijual di pasar tradisional. Uniknya tanaman ini di Indonesia juga dijadikan sebagai judul lagu yang populer sepanjang masa dari betawi, bahkan bijinya juga dijadikan sebagai kerjinan tangan berupa kalung atau gelang.

Sumber karbohidrat ini rasanya gurih kenyal dan agak berlendir apabila direbus, dan juga bisa dijadikan sebagai bahan untuk campuran makanan maupun dijadikan sebagai bubur. Dan pada umumnya salah satu jenis bubur yang menggunakan campuran jali-jali tersebut adalah bubur kacang hijau.

Nama binomial dari tanaman ini adalah Coix lacryma-jobi sejenis biji-bijian tropika dari suku padi-padian yang bijinya berbentuk bulat berwarna putih kusam, namun orang-orang bule menyebutnya sebagai Chinese pearl wheat yang apabila diartikan adalah gandum mutiara Cina. Namun sayangnya salah satu sumber karbohidrat ini tampaknya tidak begitu populer dimasyarakat jaman sekarang, padahal berdasarkan sumber dari Suara Merdeka online jali-jali ternyata memiliki banyak sekali manfaatnya.

Beberapa manfaat tersebut adalah meningkatkan daya tahan tubuh, diare, radang paru paru, usus buntu, kanker mulut rahim, sakit kuning dan masih banyak sekali yang lainnya. Jika anda ingin mengetahui lebih dalam mengenai berbagai macam manfaat lainnya dari jali-jali silahkan kunjungi website Suara Merdeka tersebut atau juga bisa melalaui link ini.

Setelah membaca mengenai jali-jali yang ternyata kaya akan manfaat tersebut, mari kita juga mencoba untuk membuatnya menjadi sebuah makanan, dan sesuai dengan apa yang telah kami sebut diatas makanan tersebut adalah bubur kacang hijau jali-jali. Jika anda tertarik untuk mencobanya bacalah yang dibawah ini.
Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat bubur kacang hijau jali-jali  
1/2KG kacang ijo
2 ons jali
6 lembar daun pandan
Jahe yang dipipihkan kira-kira satu jari
Gula Jawa sesuai selera
Santan
Garam secukupnya

Cara membuat
1. Cucilah kacang hijau dan jali kemudian rebuslah hingga lunak. Siapkan gula Jawa kemudian cairkan dan disaring  
2. Masukan jahe, daun pandan dan kacang hijau kemudian rebus hingga mendidih kemudian masukanlah jali-jalinya.
3. Jika sudah masukan santan dan garam sambil diaduk agar santan tidak pecah
4. Yang terakhir masukan gula Jawa cair yang sudah disiapkan sebelumnya kemudian aduk hingga semua rata.
5. Angkat dan biarkan agak hangat sajikan.

Nah setelah semuanya sudah siap ayo kita nikmati bubur kacang hijau jali-jali yang kaya akan gizi ini, dengan mendengarkan musik tradisional yang berkaitan dengan bubur tersebut yaitu Lagu jali-jali dari Betawi, dan pasti rasanya akan lebih sedap dilidah dan senang dihati.

0 comments:

Post a Comment