Tentang Kue Tambang aka Untir-Untir dan Resepnya

Banyak sekali jenis kue kering tradisional yang ada dinegeri kita ini, dan salah satuya adalah apa yang dinamakan dengan kue tambang atau masyarakat Jawa lebih mengenalnya sebagai kue untir-untir. Kue ini disebut sebagai kue tambang karena bentuknya mirip dengan rangkaian tambang yang tersusun melingkar memanjang, sedangkan kata untir-untir sendiri juga memiliki arti yang sama yaitu melingkar memanjang atau juga disebut sebagai plintir.

Kue tambang atau untir-untir adalah merupakan kue kering yang sangat enak sebagai camilan dirumah, atau untuk hidangan para tamu dan juga menjadi salah satu hidangan untuk hari lebaran sebagai menu kue kering tradisional. Kue ini terbuat dari adonan terigu dan bisa terbentuk seperti demikian karena adonan tersebut ketika masih mentah dibentuk dengan cara dipelintir sehingga mirip dengan tambang.

Kue tambang seperti ini mudah untuk bisa kita dapatkan dipasar-pasar tradisional maupun toko kue dengan harga yang terjangkau, dan ada yang berukuran cukup besar maupun berukuran kecil. Sedangkan jika dilihat dari rasanya agak manis dengan aroma khas kue tambang sehingga tidak heran jika banyak yang suka dengan kue seperti ini.

Berdasarkan dari sumber yang kami dapatkan dari Wikipedia, kue untir-untir atau tambang kemungkinan berasal dari Cina dan dibawa ke Indonesia. Pasalnya sumber tersebut menyebutkan pada tahun 1960an ada 2 orang penduduk desa Bugo(Jepara) yang bekerja pada pabrik roti milik orang Cina di Kudus, karena hal tersebut sehingga otomatis mereka bisa menguasai teknik pembuatan roti dari pabrik tersebut.

Kemudian pada tahun 1970an mereka memutuskan berusaha untuk membuat usaha sendiri dari hasil ketrampilan yang didapat dan diantarannya adalah membuat kue untir-untir. Namun pada masa itu makanan-makanan seperti ini hanya golongan menengah keatas saja yang mampu untuk membelinya, sehingga dahulu bisa dibilang sebagai makanan mewah.
Setelah sedikit membahas tentang kue tambang aka untir-untir mari kita juga mencoba untuk membuatnya sendiri dan jika anda tertarik untuk mencobanya bacalah yang dibawah ini.

Resep Kue Tambang/Untir-untir
150 ml santan
4 butir telur ayam
600 gram tepung terigu
1/2 sendok kecil soda kue
200 gram gula halus

Cara membuat
1. Campurkan semua bahan diatas kemudian aduklah hingga benar-benar merata dan diamlan kira-kira 25 menit
2. Adonan yang sudah jadi kemudian digiling hingga tipis kira-kira ketebalannya 5mm.
3. Potong-potonglah menjadi beberapa bagian, dan tiap bagian berukuran kira-kira P:10cm x L:1/2 cm
4. Bentuklah adonan yang sudah dipotong-potong seperti gambar, yaitu pelintir potongan adonan tersebut agar menjadi seperti tambang kemudian kedua ujungnya disatukan dengan ditekan hingga merekat.
5. Jika semua potongan adonan sudah dibentuk, kemudian goreng pada wajan berisi minyak gunakan api sedang hingga matang.

0 comments:

Post a Comment