Solusi Sederhana Mengusir Rayap Pemakan Kayu

Salah satu jenis serangga yang cukup ditakuti oleh manusia adalah rayap, karena mereka akan menggerogoti kayu sehingga bisa merugikan bagi kita. Serangga ini bisa dibilang sebagai hama dan biasanya akan membuat sarang-sarang didalalam tanah pada kedalaman tertentu, dengan jumlah yang sangat banyak bahkan hingga ratusan ribu.

Rayap sendiri juga tergolong sebagai serangga sosial, yang tergolong pada ordo Isoptera yang dipimpin oleh seekor ratu pada tiap istananya, dan bisa bermetamorfosa sehingga memiliki sayap untuk terbang, dan lebih sering muncul ketika malam hari dan suka mendekati cahaya lampu. Jika rayap sudah berubah menjadi demikian mereka lebih dikenal sebagai laron atau anai-anai, yang juga bisa dijadikan sebagai indikator pergantian musim menjadi musim penghujan.

Rayap akan lebih merugikan kita jika mereka membuat sarang didekat rumah atau didalam rumah, karena seperti kita ketahui bangunan rumah beberapa persen diantaranya adalah terbuat dari kayu seperti pintu, jendela, atap dan lain-lain, begitu juga dengan perabot rumah tangga seperti almari, kursi, meja juga sebagian besar terbuat dari kayu. Bagian rumah dan perabotan seperti ini sewaktu-waktu bisa saja dimakan oleh segerobolan rayap sehingga lama-kelamaan akan membuat beberapa bangunan atau perabotan rumah tangga kita menjadi rusak dan keropos.

Oleh karena itu tidak heran jika rayap atau orang bule menyebutnya sebagai white ant sangat dibenci oleh manusia dan harus dibasmi. Salah satu cara yang paling umum mungkin dengan cara menyemprotnya dengan obat pembasmi serangga, namun seperti kita ketahui serangga ini hidupnya sering bersembunyi dicelah-celah yang sangat sulit untuk dijangkau.
Namun ternyata ada sebuah solusi yang cukup sederhana yang dipercaya bisa digunakan untuk mengusir gerombolan rayap yang bisa merugikan kita. Cara ini adalah dengan menggunakan air kapur sirih yang tentu saja sangat mudah dan sangat murah untuk bisa kita dapatkan, dan caranya adalah cukup dengan menaburkan air kapur sirih tersebut pada sekeliling sarang rayap, yang pada umumnya berupa gundukan tanah di pekarangan atau kebun kita atau pada perabotan dan bagian rumah yang terbuat dari kayu dan diserang rayap.

Selain itu jika anda tidak memiliki air kapur sirih, juga bisa menggunakan bahan lain yaitu puntung rokok kira-kira 10 batang, kemudian  rendam dengan air kira-kira 2 gelas dan ditambah dengan garam. Jika sudah biarkan kira-kira satu hari kemudian saring dan semprotkan pada sarang rayap atau kayu yang diserang rayap tersebut.

0 comments:

Post a Comment