Resep Membuat Pepesan Ikan Gurih Lezat

Pepesan adalah salah satu jenis masakan khas tradisional Indonesia yang sangat populer dipenjuru tanah air. Masakan ini sebetulnya banyak sekali jenisnya dan pada umumnya bahan yang digunakan adalah ikan tawar atau laut yang kemudian diberi bumbu-bumbu rempah dan dibungkus oleh daun pisang kemudian dipanggang. Hal inilah yang membuat pepesan sangat khas dan unik sehingga membuat banyak orang yang sangat suka padanya.

Rasa dari masakan ini adalah dominan dengan rasa gurih dan agak pedas dengan aroma harum daun kemangi, yang sangat cocok kita makan dengan nasi hangat, dan tergolong praktis, lezat sebagai sebuah sajian. Selain pepesan yang berbahan ikan, macam pepesan yang lain adalah pepesan tahu, jamur, daging ayam, kerang dan lain-lain yang semuanya tentu memiliki cita rasa yang sangat khas masing-masing, walaupun cara memasaknya pada dasarnya adalah sama.

Uniknya jenis masakan ini juga dijadikan sebagai sebuah kata untuk mengibaratkan sesuatu yaitu munculnya kalimat Pepesan Kosong yang cukup populer dimasyarakat, yang bisa diartikan dengan janji-janji yang tidak ditepati dan lain-lain. Pepesan sendiri kemungkinan ada sejak jaman dahulu kala, namun sayangnya kami tidak menemukan informasi mengenai asal-usulnya.

Masakan seperti ini pada umumnya bisa dengan mudah kita dapatkan dipasar-pasar tradisional, maupun diwarung-warung makan dengan harga yang relatif terjangkau. Sedangkan untuk ibu-ibu rumah tangga atau anda yang gemar memasak sudah pasti juga bisa untuk membuatnya, namun apabila diantara anda yang belum bisa membuatnya dan ingin mencoba membuat sendiri berikut resepnya.
Resep Pepesan Ikan
Ikan dengan jenis sesuai dengan selera anda, bisa mujair, bandeng, kakap, tengiri dan lain-lain
4 siung bawang putih
75 gram bawang merah
14 butir kemiri
1 ruas kunyit
Garam dan gula pasir secukupnya
1 buah tomat
Cabai merah dan daun kemangi sesuai selera
Daun pisang untuk membungkus

Cara membuatnya
1. Haluskanlah bahan bumbunya yaitu bawang merah dan putih, kemiri, kunyit, garam dan gula.
2. Potong kecil-kecil tomat dan daun kemangi ambil daunnya saja, sedangkan cabai buanghlah isinya
3. Ikan cucilah hingga bersih potong bagian sisik, sirip dan ekor, kemudian rendamlah dengan air yang telah dicampur dengan jeruk nipis.
4. Siapkanlah daun pisang, kemudian masukanlah semua bahan termasuk ikan dan bumbunya, dan bungkus rapat
5. Pangganglah bungkusan tersebut diatas panci atau wajan sambil dibalak-balik hingga matang.

0 comments:

Post a Comment