Cara Sederhana Mengolah Mangga Menjadi Sirup

Salah satu jenis buah yang bisa tumbuh subur di negeri tercinta kita ini adalah mangga yang rasanya manis segar dan agak sedikit masam. Pada musimnya mangga akan sangat berlimpah sehingga bisa kita dapatkan dengan harga yang terjangkau, dengan bermacam-macam jenis yang bisa kita pilih.

Pada umumnya buah ini bentuknya agak lonjong sedikit melengkung(atau juga disebut sebagai sinus) seperti mangga gadung, indramayu, arumanis, mana lagi dan lain-lain, namun selain dari pada itu ada yang bentuknya sangat unik sehingga terlihat lebih ranum yaitu mangga golek yang bentuknya lonjong namun lebih memanjang, bahkan ada yang bentuknya bulat tidak seperti buah mangga pada umumnya dan dikenal sebagai mangga gedong.

Kata Mangga sendiri berdasarkan dari sumber yang kami dapatkan berasal dari kata Maanga yang merupakan bahasa Malayalam, yaitu bahasa negara bagian terselatan India. Sedangkan untuk bahasa lainnya memiliki sebutan yang cukup mirip adalah Manga untuk bahasa Portugis, Mango untuk bahasa Inggris, dan Mangga untuk bahasa Indonesia. Tidak lepas dari itu tentu saja masih banyak sebutan-sebutan lain yang masih tidak kita ketahui dibeberapa daerah atau negara lain, dan untuk orang Jawa sendiri menyebutnya sebagai Pelem.

Nama binomial dari buah ini adalah Mangifera indica yang kabarnya telah menyebar di Asia Tenggara sejak sekitar 1500 tahun yang lalu, dan konon berasal dari daerah perbatasan India dengan Burma. Sebagai buah tentu mangga juga kaya akan nutrisi yaitu mengandung 76% vitamin C, 25% vitamin A, 11% vitamin B6, 9% serat prebiotik, dan masih banyak lainnya dalam takaran satu cangkir potongan mangga.

Selain itu buah ini juga sangat kaya akan manfaat dan diantaranya adalah mencerahkan kulit, menyehatkan mata, menurunkan kolesterol, mencegah kanker, mengobati panas dalam, meningkatkan kekebalan tubuh dan lain-lain. Beberapa manfaat dari mangga tersebut kami dapatkan dari sumber harian Suara Merdeka Online, yang apabila anda ingin mengetahuinya lebih lanjut silahkan anda masuk pada website tersebut atau bisa melalui link ini.

Setelah kita membaca sedikit uraian mengenai buah mangga yang manis segar dan kaya akan manfaat tersebut, mari kita juga mencoba untuk mengolah buah ini menjadi sebuah sirup siap saji dengan cara yang sederhana dan mudah. Jika anda ingin mencobanya berikut tip-tipnya.
Bahan-bahan yang dibutuhkan
1/2 KG mangga-bisa mangga jenis arummanis, manalagi atau kweni
1/2 KG gula pasir
1 liter Air matang

Caranya
1. Kupas semua buah mangga kemudian ambil dagingnya saja dan buang isinya. Cucilah mangga tersebut kemudian di potong-potong
2. Kukuslah buah mangga kira-kira 8 menit hingga menjadi lembek
3. Haluskan mangga tersebut, kemudian tambahkan air dan diaduk merata, kemudian saring 
4. Masukan gula pada mangga yang telah disaring tersebut, dan panaskan sambil diasuk hingga kental dan mendidih
5. Angkat dan dinginkan, kemudian masukan kedalam boto, dan masukanlah kedalam kulkas.

0 comments:

Post a Comment