Resep Membuat Kerupuk Tengiri Gurih Nikmat

Banyak sekali jenis kerupuk yang pada umumnya sering kita jumpai diwarung-warung maupun pasar. Namun ada salah satu jenis kerupuk yang menurut kami cukup unik, karena seperti kita ketahui sebagain besar jenis kerupuk memiliki bentuk yang pipih sedangkan untuk yang satu ini bentuknya bulat-bulat agak lonjong berwarna cokelat krem seperti telur.

Kerupuk ini adalah sering dikenal sebagai kerupuk Tengiri yang rasanya sangat gurih dan cocok untuk dijadikan sebagai camilan atau sebagai lauk untuk makan. Berdasarkan sumber yang kami dapat kerupuk Tengiri merupakan salah satu makanan khas kota Jepara Jawa Tengah dan Cilacap, yang sudah populer di nusantara dan pada umumnya juga sering dijadikan sebagai oleh-oleh.

Sesuai dengan namanya kerupuk ini menggunakan bahan dasar yaitu daging dari Ikan tengiri atau yang juga disebut sebagai bontosan. Menariknya lagi kabarnya kerupuk ini juga ada yang dimasak dengan cara yang sangat unik yaitu dengan cara digoreng dengan pasir putih, namun walaupun demikian tetap bisa dimasak dengan cara biasa yaitu digoreng dengan minyak.

Mungkin bagi anda sudah banyak yang pernah mencicipi kerupuk ini, namun bagi yang belum pasti beranggapan kerupuk yang berbahan ikan pasti ada aroma amis. Tapi anggapan tersebut salah karena kerupuk tengiri rasanya lebih dominan dengan rasa gurih yang renyah, sehingga akan selalu membuat orang merasa ketagihan.
Sebagai kerupuk yang berbahan ikan tentu harganya juga cukup mahal untuk ukuran sebuah kerupuk. Namun jika ingin lebih murah ada baiknya membuatnya sendiri berikut resepnya.

Resep Kerupuk Tengiri
400 gram Daging ikan tengiri 
600 gram Tepung Sagu
4 butir Telur ayam 
40 gram Gula Pasir 
1 sendok teh Soda Kue 
Penyedap rasa dan garam secukupnya

Cara Membuat
1. Tumbuklah hingga benar-benar halus daging tengiri kemudian campurkan dengan beberapa bahan seperti air, gula, garam dan penyedap rasa, kemudian aduk hingga merata.
2. Masukan tepung sedikit- demi sedikit sambil diuleni, jika sudah kocok telur dan masukan ke adonan tersebut, beserta soda kue, dan aduk kembali.
3. Bentuklah adonan tersebut memanjang kira-kira sebesar jari telunjuk bungkus dengan plastik dan dikukus.
4. Jika sudah potong-potong kira-kira 1cm hingga habis, kemudian jemur hingga kering pada sinar matahari
5. Goreng dengan api sedang dan sering diaduk ketika menggoreng agar matang merata.

0 comments:

Post a Comment