Resep Bolu Tapai Singkong Sederhana dan Mudah

Jika sebelumnya kami pernah membahas tentang cara membuat tapai singkong yang manis, dan sekarang mari kita juga mengulas sebuah roti bolu yang dalam pembuatannya menggunakan bahan tersebut yaitu tapai singkong. Bolu seperti ini rasanya akan sangat manis dan segar dengan aroma tapai yang akan sangat cocok apabila kita nikmati ketika siang hari pada khususnya, beserta dengan menimuman dingin atau es. Walaupun apabila roti ini kita nikmati di pagi atau malam hari kue ini juga nikmat.

Makanan ini juga sangat cocok apabila kita jadikan sebagai camilan untuk keluarga, sajian untuk para tamu maupun ketika kita sedang bertamasya, maka bolu tapai akan selalu siap menemani anda. Menariknya lagi untuk cara pembuatannya juga relatif cukup mudah dengan bahan-bahan yang tidak begitu terlalu banyak, dan yang tidak kalah penting juga murah dikantong, sehingga cocok untuk berbagai kalangan masyarakat.

Kalau menurut kami didaerah tempat kami tinggal dahulu roti bolu seperti ini sering dijajakan dipasar-pasar tradisional maupun toko kue, namun sekarang hanya terdapat ditoko kue saja namuan tidak tahu juga untuk daerah lain. Mungkin bisa dibilang bolu tapai adalah perpaduan makanan khas dari Indonesia dengan gaya orang barat, karena seperti kita tahu tapai singkong atau peyem adalah salah satu kue tradisional Indonesia.

Memang tidak diketahui siapakah pencipta dari bolu tapai pada awalnya, namun yang pasti kue seperti ini sudah memasyarakat sejak dahulu, dan kemungkinan sebagian besar orang sudah pernah mencobanya. Cara penyajian bolu tapi pada umumnya diiris-iris berbentuk persegi, dan karena bolu ini terbuat dari adonan tepung dan tapai maka ketika digigit akan terasa agak legit. Bagi anda yang ingin mencoba untuk membuatnya sendiri berikut resep sederhana dan mudah dalam membuat kue bolu tersebut.
Resep Bolu Tapai
200 gram tapai singkong
200 gram tepung beras
8 butir telur ayam
200 gram gula

Cara membuat
1. Kocoklah telur dengan gula hingga benar-benar merata dan putih
2. Haluskan tapai singkong, dan jangan lupa apabila ada seratnya silahkan dibuang
3. Masukan tapai yang sudah dihaluskan pada kocokan telur dan gula, dan aduklah hingga merata
4. Tuangkan tepung sedikit demi sedikit sambil diaduk
5. Siapkan loyang yang telah diolesi mentaga, kemudian masukan adonan yang sudah jadi dan ovenlah hingga matang.
6. Potong-potong sajikan.

0 comments:

Post a Comment