Cara Membuat Sendiri Semir Sepatu Anda

Menyemir sepatu adalah salah satu kebutuhan bagi kita sebagai seorang karyawan atau murid sekolah, agar sepatu terlihat lebih bersih sehingga penampilan juga akan bertambah menarik. Selain itu dengan menyemir sepatu maka sepatu kita juga akan lebih terlindungi, sehingga juga akan membuatnya lebih awet.

berdasarkan sumber yang kami dapat semir sepatu mulai populer sejak abad ke 19 bersamaan dengan maraknya produk yang terbuat dari kulit maupun sepatu sintesis. Kemudian pada abad ke 20 ketika perang dunia kedua meletus, permintaan semir sepatu juga terus meningkat yang digunakan untuk membersihkan atau menyemir sepatu para tentara.

Dijaman sekarang semir sepatu mudah kita dapatkan ditoko-toko, dengan berbagai merk dan kemasan yang sangat menarik yang pada umumnya berwarna hitam dan cokelat, namun dalam perkembangannya juga ada semir sepatu dengan warna yang lain. Dahulu semir sepatu adanya juga hanya berupa cream yang sangat kental, namun  sekarang juga banyak semir sepatu yang cair.

Dengan menyemir sepatu tentu juga akan membuat kita lebih percaya diri , karena sepatu akan telihat seperti baru sehingga orang-orang juga akan lebih menghargai kita. Memang untuk mendapatkan semir ini terbilang mudah kita tinggal membelinya ditoko, namun ada baiknya jika sekali-kali kita mencoba membuat sendiri barang-barang untuk kebutuhan kita. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini kami akan berbagi tentang cara membuat semir sendiri.
Bahan-bahan yang dibutuhkan
100 gram Lilin kuning/malam tawon yang bisa dibeli di toko batik
20 gram sabun
20 gram Gondo Rukem
300 cc minyak Terpentin yang bisa dibeli ditoko besi 
Kleur Olie Secukupnya

Cara Membuat
1. Siapkan wadah dan panaskan api, masukan malam tawon Gondo Rukem dan Sabun hingga mencair. Jika sudah angkat

2. Campurkan Kleur Olie dengan Minyak Terpentin dan aduk hingga merata.

3. Campurkan adonan nomor 1 dan nomor 2 kemudian aduk hingga benar-benar merata. Jika sudah masukan kedlam wadah bisa kaleng kecil atau kaleng bekas semir yang sudah habis, dan semir sudah siap untuk dipergunakan.

Catatan tambahan
Gondo Rukem adalah olahan dari getah hasil sadapan dari batang pohon Pinus yang bisanya berwarna kuning keemasan. Bahan ini juga digunakan untuk berbagai macam keperluan seperti bahan pelunak plester, campuran eyeshadow, perekat warna dan lain-lain

0 comments:

Post a Comment