Cara Membuat Es Kelapa Muda Bola Pepaya Istimewa

Air kelapa muda memang sangat segar rasanya, bahkan walaupun tanpa diolah atau diminum langsung rasanya tetap nikmat dan bisa melepas dahaga kita. Dalam bahasa Jawa kelapa muda dikenal sebagai Degan, sehingga apabila ada orang yang menjual es kelapa muda, mereka sering menyebutnya sebagai es degan.

Kelapa muda sendiri dagingnya juga masih lunak dan juga enak untuk dimakan langsung, sehingga pada umumnya juga digunakan sebagai isi dari es kelapa muda maupun dimanfaatkan sebagai bahan untuk membuat beberapa jenis kue.

Berdasarkan dari sumber yang kami dapat dari Website RSUD dr.R. GOETENG TAROENADIBRATA Purbalingga, air kelapa muda juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia. Khasiat tersebut diantaranya adalah bisa mengobati cacingan pada anak, memberikan cairan pada ibu hamil, mengobati keracunan bahkan mabuk, mengurangi rasa mual, melunakkan batu ginjal, mengobati demam berdarah dan lain-lain. Jika anda ingin mengetahui lebih lanjut dari manfaatnya silahkan masuk pada website tersebut melalui link ini.

Jenis kelapa sendiri sebenarnya juga bermacam-macam, namun pada umumnya untuk air kelapa muda yang paling nikmat adalah yang berwarna hijau, dan banyak sekali bisa kita temui di daerah-daerah pesisir pantai. Biasanya kelapa jenis ini ukuran buahnya lebih besar dan jenis lainnya sehingga air yang ada didalamnya juga lebih banyak.

Setelah membaca sedikit uraian diatas, mari kita membuat es atau minuman segar yang memanfaatkan kelapa muda. Minuman ini tentunya adalah es kelapa muda namun istimewanya diberi buah pepaya yang dibentuk bulat-bulat kecil dengan kolang-kaling, sehingga juga akan membuatnya lebih terlihat segar.
Bahan Es Kelapa Muda Bola Pepaya Istimewa
1 buah kelapa muda
100 gram kolang-kaling
100 gram pepaya yang sudah matang namun masih keras
Sirup vrambozen sesuai selera
Es batu

Cara membuat
1. Kupaslah kelapa muda kemudian masukan airnya pada wadah
2. Keruk dagingnya dan masukan pada wadah tersebut
3. Kupas pepaya dan cetak dengan penggeruk pepaya agar berbentuk bulat-bulat kecil, jika sudah masukan jadi satu dengan yang diatas
4. Rebuslah kolang-klaing dengan daun pandan agar empuk dan wangi. jika sudah masukan jadi satu dengan bahan lainnya
5. Berikan sirup sesuai dengan selara kemudian aduk hingga merata
6. Masukan es batu agar lebih segar, atau juga bisa es yang telah diserut terlebih dahulu.
7. Sajikan.

0 comments:

Post a Comment