Resep Membuat Acar Bandeng Nikmat Mantab

Setelah kami baru saja menulis tentang acar mentimun campur yang ditumis atau orang juga mengenalnya sebagai acar kuning, maka kali ini kami juga akan sedikit berbagi mengenai jenis acar lain yang cara memasaknya hampir sama yaitu dengan cara ditumis. Acar ini adalah acar bandeng yang sesuai dengan namanya bahan dasar untuk membuatnya adalah dari ikan Bandeng.

Secara umum acar(acar mentimun) memang lebih sering digunakan sebagai pelengkap ketika makan berbagai macam jenis masakan, namun untuk acar bandeng ini menurut kami juga nikmat ketika dimakan dengan nasi hangat saja. Karena seperti kita tahu seperti yang sudah disebut diatas jenis acar ini menggunakan ikan bandeng, sehingga bisa sekaligus berfungsi sebagai lauk.

Beberapa orang juga memiliki sebutan lain dari masakan ini, diantaranya adalah bandeng bumbu acar atau bandeng acar kuning, yang pada umumnya menggunakan bandeng yang sudah dipresto, sehingga lebih empuk tanpa duri, dan bumbu masaknya juga akan lebih mudah meresap.

Hidangan yang bisa digunakan untuk lauk dan pelengkap ini, cocok untuk disajikan kapan saja dan rasanya gurih dan nikmat, sehingga akan membuat kita ketagihan untuk memakannya. Berdasarkan sumber di Wikipedia Acar Bandeng adalah sebuah makanan khas dari desa Tegalglagah, Brebes Jawa Tengah, namun menurut kami masakan ini sudah tersebar diberbagai daerah Indonesia.   

Mungkin kebanyakan dari anda banyak yang sudah pernah mencicipi jenis acar ini, namun jika memang ada yang belum anda bisa membuatnya sendiri dan resep maupun cara membuatnya silahkan baca yang dibawah ini.
Resep Acar Bandeng
1/2 Kg Bandeng
1 biji jeruk nipis
2 gelas air garam
4 biji cabe merah
1 sendok gula pasir
4 butir kemiri
4 siung bawang merah
2 siung bawang putih
1 potong kunyit

Cara membuat
1. Bandeng dipotong-potong kemudian digarami dan digoreng
2. Bakar kunyit dan ditumbuk dengan cabai
3. Tumislah bawang putih dan merah, kemiri sampai harum dan diberi garam, gula, air, dan jeruk nipis
4. Jika semuanya sudah mendidih kemudian masukan bandeng dan dimasak hingga matang dan meresap agak mengering

0 comments:

Post a Comment