Cara Membuat Kue Dadar Gulung Pisang Keju Manis

Beberapa waktu yang lalu kami menulis tentang sebuah kue unik tradisional bernama kue dadar gulung isi kelapa, dan sekarang kami juga akan mengulas sebuah kue yang sebenarnya serupa namun berbeda untuk bahan isinya. Kue ini dikenal sebagai Dadar Gulung Pisang Keju, yang sesuai dengan namanya berisi pisang dan keju, dan digulung dengan kulit dari adonan tepung terigu dan telur yang didadar.

Kue ini mungkin memang hasil variasi atau modifikasi dari dadar gulung isi kelapa yang memiliki kesan tradisional, sedangkan untuk dadar gulung pisang keju lebih terkesan lebih modern karena menggunakan bahan isi yang salah satunya adalah keju. Perbedaan lainnya adalah pada umumnya dadar gulung isi pisang kulitnya berwarna cokelat, karena dalam membuat kulit tersebut disertakan dengan coklat bubuk. Sedangkan  dadar gulung kelapa biasanya berwarna hijau karena menggunakan bahan air daun suji.

Untuk rasanya dadar gulung yang satu ini memiliki rasa yang manis khas aroma pisang raja yang dipadukan dengan keju, sehingga bisa kita bayangkan rasanya pasti enak. Tidak heran memang jika kue ini sangat disukai oleh anak-anak kecil yang pada umumnya lebih suka dengan kue yang manis.

Dalam membuat kue ini juga mudah hampir sama dengan dadar gulung kelapa dalam membuat kulitnya, bahkan untuk membuat isinya cenderung lebih mudah. Namun tetap saja dibutuhkan ketelatenan dalam membuat kue ini terutama dalam melipat atau menggulung isinya dengan kulit, karena  kulitnya tipis dan lembek sehingga apabila tidak hati-hati akan mudah robek. 

Menurut saya kue ini sangat populer saat ini hampir setiap ada acara hajatan seperti pengajian, arisan, rapat dan lain-lain, jenis kue ini sering ada untuk sajian para tamu. Hal ini mungkin ada pengaruhnya juga terhadap dari cara pembuatannya yang mudah, cepat, praktis dan jika ditinjau dari rasanya juga memuaskan. Memang banyak orang yang sudah bisa membuat kue jenis ini dari kalangan remaja hingga dewasa, namun jika diantara anda yang belum tahu atau belum bisa berikut resep dan cara membuatnya.
Resep Dadar Gulung Pisang Keju
Bahan untuk kulit
2oo gram tepung terigu
500 ml susu
20 gram coklat bubuk
2 butir telur
2 sdm margarin yang telah dicairkan
Bahan untuk isi
12 buah pisang raja yang telah dikukus dan iris kecil-kecil memanjang
Keju yang diiris-iris tipis memanjang sesuai selera

Cara membuat
1. Campurkan beberapa bahan seperti tepung terigu, coklat bubuk dan telur, kemudian aduklah hingga rata
2. Masukan susu sedikit demi sedikit dan margarin sambil diaduk
3. Buatlah kulitnya caranya, panaskan wajan anti lengket olesi sedikit mentega kemudian tuangkan adonan sedikit dan dadarlah tipis.
4. Jika adonan sudah menjadi beberapa kulit, kemudian isikan masing-masing kulit tersebut dengan pisang dan keju kemudian digulung.
5. Biasanya pada bagian atasnya juga diberikan parutan keju.

0 comments:

Post a Comment