Cara Aman Membersihkan Perabot Dapur dari Alumunium

Bagi anda seoarang ibu-ibu rumah tangga maupun seorang yang berprofesi sebagai pembantu rumah tangga, pasti tidak terhindar dari perabot rumah tangga untuk memasak yang terbuat dari berbagai macam bahan, dan diantaranya adalah yang terbuat dari alumunium seperti wajan, panci dandang dan lain-lain.

Bahan logam alumunium memang lebih dikenal tahan terhadap korosi atau karat sehingga tidak heran jika digunakan untuk bahan membuat berbagai macam peralatan memasak, sehingga tentu saja juga lebih aman untuk kesehatan manusia.

Namun sebagai perlengkapan memasak yang selalu digunakan diatas api maka juga tidak heran jika bahan seperti ini tetap akan menimbulkan noda hitam yang merata atau orang Jawa sering menyebutnya sebagai angus. Jika sudah demikian tentu saja kita juga harus selalu membersihkannya agar noda hitam tersebut tidak menutupi alumunium, sehingga peralatan memasak tetap bisa menghantarkan panas dari api secara maksimal.

Salah satu cara yang pada umumnya sering kita lakukan untuk menghadapi masalah seperti ini adalah dengan cara mencucinya dengan abu gosok yang bisa kita beli di warung-warung atau abu sisa pembakaran dari pabrik tahu. Namun tahukah anda ternyata cara ini justru akan merugikan anda karena akan membuat alumunium lama-kelamaan akan semakin tipis dan mudah bocor. Hal ini karena aluminium terus digosok dengan abu yang pada dasarnya juga cukup kasar.
Untuk mengatasi hal ini ada sebuah solusi yang mungkin bisa anda coba, untuk membersihkan peralatan dapur yang terbuat dari alumunium anda dan lebih aman, mudah dan juga alami. Cara tersebut ialah sebagai berikut

1. Cari kulit jeruk citroen atau jeruk nipis, atau juga bisa kulit anggur.
2. Siapkan wadah bisa kaleng bekas yang sudah dibersihkan kemudian tuangkan air dan kulit jeruk tersebut dan rebuslah hingga mendidih
3. Jika sudah kemudian angkat dan biarkan sejenak sampai hangat
4. Gunakan air jeruk yang telah direbus tersebut untuk mencuci berbagai perabotan anda yang terbuat dari alumunium.
5. Jika sudah baru dibilas dengan air yang bersih kemudian keringkan.

0 comments:

Post a Comment