Ayo Membuat Kue Tradisional Tiwul Ayu

Tiwul(Thiwul) adalah sejenis makanan tradisional yang berasal dari Gunung Kidul Yogyakarta, yang kabarnya digunakan sebagai makanan pokok pengganti beras. Masakan ini memiliki cita rasa yang sangat khas dengan rasa yang agak gurih dan manis, dengan taburan parutan kelapa yang dicampur dangn sedikit garam dan gula.

Makanan ini aslinya berasal dari gaplek, yaitu ubi ketela yang telah dikeringkan kemudian ditumbuk yang konon pada jaman penjajahan juga dijadikan sebagai makanan pokok, karena sulitnya untuk mendapatkan beras. Walaupun makanan ini terkesan sebagai makanan alternatif, namun jangan salah sangka dan menyepelekan karena Tiwul sendiri rasanya juga enak, bahkan lebih enak dari pada nasi.

Dalam perkembangannya makanan ini juga dikembangkan menjadi sebuah kue atau jajanan tradisional pasar khas Indonesia, yang juga sangat digemari karena enak dan harganya juga sangat murah. Dan kue ini banyak yang menyebutnya sebagai kue Tiwul Ayu yang cara penyajiannya dengan dipotonng-potong kotak-kotak(atau sesuai selera), dan seperti Tiwul biasanya, Tiwul Ayu juga ditaburi dengan parutan kelapa.

Perbedaanya selain dari bentuknya, Tiwul ayu menggunakan bahan tepung terigu, sedangkan Tiwul asli menggunakan bahan gaplek yang sekarang menurut saya sudah semakin jarang orang yang membuatnya. Setelah membaca sedikit ulasan mengenai Tiwul, maka mari kita juga mencoba untuk membuatnya dan resep dan cara membuatnya adalah sebagai berikut.
Resep Kue Tiwul Ayu
600 gram tepung terigu
4 butir telur
2 gelas susu
1/2 kg gula merah yang telah disisir terlebih dahulu
4 sendok gula pasir
2 sendok kecil SP
Sedikit vanili dan garam
Kelapa parut buat taburan yang dicampur sedikit garam dan dikukus sebentar

Cara Membuat
1. Campurkan dan kocok telur, SP, sisiran gula merah, gula pasir hingga benar-benar tercampur rata
2. Jika sudah masukan bahan lain yaitu terigu dan susu, kemudian aduklah kembali
3. Siapkan loyang yang telah diolesi mentega, kemudian masukan adonan yang sudah jadi tersebut
4. Kukuslah kira-kira sekitar 45 menit, kemudian angkat dan dinginkan
5. Potong-potonglah kue Tiwul ayu yang sudah jadi, kemudian taburilah dengan kelapa parut yang sudah disiapkan sebelumnya dan bisa dicampur dengan sedikit gula pasir.

0 comments:

Post a Comment