Tip Memancing Ikan Grass Carp(Braskap) di Rawa/Danau

Bagi para pemancing air tawar mungkin anda tidak asing dengan ikan Grass Carp(Ctenopharyngodon Idella), atau yang lebih sering dikenal sebagai ikan Braskap. Ikan ini memiliki postur tubuh yang agak mirip dengan ikan Karper, namun perbedaanya posturnya jauh lebih memanjang dan pada umumnya hidup diperaian tawar seperti danau, rawa dan sungai besar dengan arus yang lebih tenang.

Menariknya ikan ini juga dipercaya mampu menekan pertumbuhan tumbuhan air seperti enceng gondok yang tumbuh secara cepat dan tidak terkendali, dengan cara memakan akar-akarnya. Namun walaupun demikian ikan Grass Carp tidak hanya memakan akar enceng gondok saja akan tetapi juga tumbuhan-tumbuhan air lainnya.

Seperti namanya yang unik Grass Carp jika diartikan kedalam bahasa Indonesia adalah Karper Rumput, hal ini mungkin disebut demikian karena ikan ini gemar makan tumbuh-tumbuhan. Hebatnya lagi ikan ini kabarnya ada yang mampu tumbuh hingga 1,2 Meter dangan berat 18 KG, dengan masa hidup maksimal antara 5 hingga 9 tahun. Namun tentu saja tidak semua ikan Grass Carp bisa tumbuh sebesar itu dan kemungkinan panjang rata-rata untuk Grass carp dewasa adalah kira-kira 50Cm.

Bagi para pemancing jenis ikan ini juga menjadi favorit, karena posturnya yang besar, mantab dan juga enak dimakan walaupun sekarang populasinya tidak begitu banyak. Berikut tip untuk memancing ikan Braskap.
1. Gunakan knur yang berukuran agak tebal dan kuat, dan untuk mata pancing bisa menyesuaikan namun yang pasti jangan yang berukuran kecil.
2. Jika anda memancing di Rawa atau Danau, lebih baik agak ketengah rawa yang jauh dari pemukiman karena ikan ini cenderung agak penakut. Setidaknya minimal jangan dipinggir rawa
3. Pilih spot pancing didekat tumbuhan air seperti enceng gondok atau gang-gang air, karena kedua tumbuhan tersebut adalah santapan favorit mereka.
4. Untuk umpan menurut kami yang paling mantab adalah sayuran adas dan ujung pohon ketela(daun ketela muda namun diambil beserta batang yang paling ujung kira-kira 5cm)
5. Ketika memasukan mata pancing ke air, masukanlah agak dalam
6. Pada umumnya memang agak lama menunggu ikan Grass Carp menyambar umpan, namun tentu saja hal ini juga tergantung dari faktor keberuntungan juga.

Kalau menurut kami jika anda memutuskan untuk memancing ikan Braskap, ada baiknya jangan hanya fokus pada ikan ini saja, namun anda tetap berburu ikan lain seperti ikan Mujair yang pada umumnya populasinya lebih besar, sehingga jangan lupa untuk membawa joran cadangan.

Selain itu seperti kita ketahui setiap pemancing pasti memiliki pengalaman yang berbeda dalam memancing ikan Braskap, dan insting dan feeling masing-masing pemancing juga berbeda-beda. Oleh karena itu bagi anda yang ingin menambahakan atau memiliki pengalaman yang berbeda silahkan berkomentar dibawah.

0 comments:

Post a Comment