Cara Sederhana Membuat Kerupuk Udang Gurih

Salah satu jenis kerupuk yang paling populer di Indonesia adalah kerupuk udang yang rasanya sangat nikmat. Kerupuk ini sangat cocok sebagai tambahan lauk ketika kita makan bermacam-macam jenis masakan baik yang berkuah maupun tidak, sehingga beberapa diantara kita ada yang merasa tidak lengkap apabila makan tanpa kerupuk seperti ini.

Sesuai dengan namanya kerupuk ini terbuat dari adonan udang dan tepung tapioka yang diolah dengan bermacam-macam bumbu rempah-rempah sehingga rasanya sangat gurih dan sedikit manis. Jenis udang yang pada umumnya digunakan untuk bahan membuat kerupuk ini adalah udang rebon yang berukuran kecil-kecil dan ditumbuk atau digiling hingga halus.

Pada umumnya kerupuk udang berwarna putih sedikit kecokelatan jika digoreng, berbentuk agak persegi ada yang kecil-kecil namun juga ada yang agak besar, dan sampai sekarang masih sangat mudah untuk didapatkan dipasar tradisional atau toko kelontong.

Di beberapa daerah kerupuk ini juga dijadikan sebagai oleh-oleh seperti didaerah Sidoarjo, Cirebon dan lain-lain, yang semuanya memiliki ciri khas atau cita rasa masing-masing. Sayangnya tidak ada informasi mengenai asal muasal dari kerupuk udang ini, namun besar kemungkinan makanan ringan ini merupakan salah satu makanan khas tradisional asli Indonesia.
Resep Kerupuk Udang Gurih
Tepung tapioka 1/2 kg
Udang Rebon 1/2 kg ditumbuk halus
Telur 1butir
Garam, bawang putih yang dihaluskan, penyedap rasa secukupnya

Cara membuat
1. Campurkan bahan-bahan seperti tepung tapioka dengan udang yang sudah dihaluskan dan aduk hingga merata.
2. Jika sudah campurkan bahan bumbu seperti garam, bawang putih, penyedap rasa dan telur kemudian aduk lagi.
3. Bentuk adonan memanjang bulat dan dibungkus daun pisang, kemudian dikukus kira-kira 2 jam
4. Jika sudah angkat dan dinginkan, kemudian diiris tipis-tipis
5. Jemurlah semua irisan adonan pada sinar matahari selama 2 hari hingga kering.
6. Gorenglah adonan tersebut hingga mengembang
7. Kerupuk udang siap disajikan.

0 comments:

Post a Comment