Cara Membuat Jajanan Pasar Kue Jipang Manis

Kue Jipang merupakan sebuah jajanan pasar yang cukup populer dari masa ke masa, kue ini memiliki rasa yang manis karena dibalut dengan gula karamel sehingga banyak disukai anak-anak maupun orang dewasa. Kue ini tergolong sangat murah harganya dan biasanya satu potong dihargai antara Rp.500-Rp.1000, dan bentuknya pada umumnya adalah persegi dengan warna putih kecoklatan atau merah muda.

Kue ini juga memiliki sebutan yang bermacam-macam, ada yang menyebutnya sebagai Berondong, ada yang mengenalnya sebagai Bipang, uniknya nenek dan kakek saya dulu menyebutnya sebagai kue Jipan. Kabarnya kue ini merupakan kue khas tradisional Bugis, namun sudah tersebar di nusantara dan banyak tersedia dipasar-pasar tradisional maupun pedagang sayur keliling.

Berdasarkan dari bahan dasarnya kue Jipang dibagi menjadi dua yaitu, Jipang yang terbuat dari beras ketan dan Jipang yang terbuat dari jagung. Keduanya memiliki rasa yang manis dan renyah ketika digigit, namun menurut saya sendiri untuk Jipang yang terbuat dari jagung sekarang sudah semakin sulit dan langka untuk ditemukan dipasar-pasar didaerah kami, tidak tahu untuk daerah lain masih banyak atau tidak. Padahal Jipang jagung hampir sama dengan pop corn yang masih sangat mudah ditemukan, namun perbedaannya adalah Jipang jagung dilumuri dengan gula karamel kemudian dibentuk, sedangkan pop corn tidak.

Setelah membaca sedikit ulasan menengani kue jadul yaitu Jipang, maka mari kita juga mencoba untuk membuatnya sendiri sebagai camilan dirumah atau mungkin bisa dijual sebagai usaha. Berikut resep dan cara membuat kue Jipang.
Resep Kue Jipang
Beras ketan putih 250 gram
Beras ketan hitam 25 gram
Gula pasir 75 gram
Garam 1/2 sendok kecil

Cara membuatnya
1. Cucilah kedua macam beras ketan tersebut diatas,kemudian campurkan hingga rata dan rendam kira-kira 1,5 jam
2. Kukus campuran beras ketan nomor 1 sampai menjadi aron
3. Campurkan gula pasir garam dan air secukupnya, kemudian rebus aduk hingga rata dan gula larut
4. Masukan adonan nomor 2 ke adonan nomor 3, hingga larutan gula teresap oleh beras ketan
5. Kukuslah hingga matang dan angkat
6. Siapkan loyang beralas plastik kemudian tuangkan adonan tersebut
7. Potonglah kotak-kotak kemudian dibungkus plastik yang telah diolesi dnegan minyak
8. Jika semuanya sudah jemurlah dibawah terik sinar matahari hingga kering
9. Siapkan wajan dengan minyak kemudian panaskan, gorenglah adonan jipang yang sudah kering hingga mengembang.
10. Dinginkan kemudian sajikan   

0 comments:

Post a Comment