Cara Membuat Acar Mentimun Campur Tumis

Selain sambal ada jenis hidangan pelengkap lain yang bisa membuat makanan menjadi lebih nikmat, sehingga untuk sebagian orang apabila tidak makan dengan pelengkap ini maka rasanya juga seperti ada yang kurang atau kurang mantab. Hidangan pelengkap ini adalah Acar yang rasanya agak masam dan segar yang biasanya disajikan dengan macam-macam jenis masakan.

Salah satu jenis acar yang paling umum kita temui adalah yang terbuat dari potongan kecil-kecil mentimun dicampur dengan cuka dan garam. Banyak orang yang berpendapat, acar juga bisa untuk mengawetkan makanan, namun bagi kami sendiri untuk jenis masakan tertentu apabila tidak ditambah dengan acar maka akan terasa kurang nikmat. Sehingga pada intinya acar juga bisa memberikan cita rasa yang khas terhadap jenis masakan tertentu.

Beberapa jenis masakan yang cocok untuk diberi acar(terutama acar mentimun) adalah soto, empek-empek, mie ayam, bakso, nasi goreng bahkan lumpia khas Semarang biasanya juga disajikan dengan acar. Namun tentu saja selain beberapa jenis masakan yang telah tersebut diatas, juga masih banyak jenis masakan lain yang lebih nikmat jika disajikan dengan Acar

Sebenarnya ada beberapa macam jenis acar yang berdasarkan dari bahan pembuatannya, yaitu acar mentimun, acar rebung, acar bandeng dan lain-lain, bahkan dari cara pembuatannya juga ada yang ditumis bumbunya dan beberapa orang ada yang menyebutnya sebagai acar kuning. Bagi anda yang hobi memasak tentu sangat mudah untuk membuat acar, namun bagi anda yang belum pernah membuatnya berikut cara membuatnya.
Acar Mentimun Campur Tumis
1/4 KG mentimun
1 ons Kol
2 ons wortel
1 ons taoge
minyak goreng secukupnya buat menumis

bumbunya
3 siung bawang merah
2 siung bawang putih
3 buah kemiri
2 buah cabe merah
1 ruas kunyit
10 buah cabe rawit
1/2 ruas jahe
1 sendok gula
2 sendok cuka
1 sendok garam

Cara membuat
1. Kupaslah mentimun dan buang isinya, kemudian dipotong-potong kecil memanjang
2. Wortel dikupas dan dipotong-potong memanjang sama dengan mentimun
3. Potonglah kecil-kecil kolnya
4. Haluskan bahan-bahan untuk bumbu kemudian, ditumis hingga harum
5. Masukan bahan-bahan sayurnya kumudian tumis setengah matang
6. Angkat dan sajikan.

0 comments:

Post a Comment