Membuat Pizza Sederhana dan Mengenal Asal-usulnya

Selain Hamburger dan Hotdog, salah satu jenis roti yang sangat terkenal dari masa ke masa didunia adalah Pizza. Roti ini berbentuk bundar agak tipis dengan ukuran yang cukup besar yaitu berdiameter kira-kira 30cm, yang penyajiannya pada umumnya dengan cara dipotong-potong menjadi beberapa bagian sehingga satu roti bisa dimakan bersama-sama.

Diatas roti ini juga diberikan beraneka ragam bahan seperti daging, keju, saus dan lain-lain sehingga rasanya sangatlah lezat, maka tidak heran jika roti ini dianggap sebagai salah satu hidangan mewah. Pizza asli pada mulanya berasal dari Italia di Pizzeria, yang memiliki arti kata sebagai pai, kue, atau tart, dan pada mulanya roti ini adalah hidangan bagi kaum miskin dengan bahan yang sederhana.

Sejarah dari Pizza sendiri sampai sekarang masih menjadi kontroversi dengan beragamnya pendapat. Roti ini pada awalnya mulai ada diketahui pada sekitar tahun 1600an namun belum dilumuri dengan saus, kemudian pada tahun 1800-an Pizza yang menggunakan bahan saus tomat dibawa ke Amerika oleh para imigran dari Napoli.

Sumber lain juga menyebutkan pada tahun 1889 seorang koki bernama Raffaele Esposito membuat Pizza khusus yang dihidangkan untuk ratu Margherita dari Savoy, yang menggunakan beraneka ragam bahan seperti tomat, keju mozzarella, dan basil. Pizza ini juga disebut-sebut sebagai lambang bendera Italia karena terdapat warna merah yang dihasilkan dari saus tomat, warna putih dari keju mozzarella dan warna hijau dari daun basil. Sang ratu juga sangat menyukai dari hidangan roti Pizza tersebut, sehingga roti ini menjadi pupoler dan dinamakan sebagai Pizza Margherita.

Dalam serial kartun dimasa kecil juga ada karakter tokoh kartun yang sangat suka dengan roti Pizza, mereka adalah kura-kura ninja, karena dalam ceritanya seakan-akan yang mereka makan hanya kue ini saja. Hal ini juga cukup berpengaruh buat anak-anak kecil dimasa itu(seperti saya hehehe), sehingga penasaran dengan kue Pizza yang dimakan oleh tokoh kartun idola mereka. 

Karena roti Pizza adalah salah satu makanan mewah yang tentunya harganya juga mahal, oleh karena itu mari kita juga mencoba untuk membuatnya sendiri walaupun sederhana, agar bagi anda yang sangat menginginkan hidangan khas Italia ini namun tidak mampu membelinya, sehingga tetap bisa mencicipinya, contohnya lagi seperti saya hehehe bercanda. 

Resep Pizza
Bahan-bahan untuk rotinya
Tepung terigu 500 gram
Ragi instan 20 gram
Gula pasir 1 sendok kecil
Minyak tepung 4 sendok makan
Garam 1 sendok kecil
Telur 1 butir
Air secukupnya

Cara membuat rotinya
1. Siapakan wadah kemudian campurkan semua bahan diatas, uleni sambil tuangkan air sedikit demi sedikit sampai kalis.
2. Biarkan adonan sekitar 1/2 jam hingga mengembang, kemudian bagi dua adonan dan tiap-tiap adonan dipipihkan setebal kira-kira 1/2cm dengan bentuk bundar, namun pada ujungnnya lebih tebal kira-kira 1cm.
3. Jika sudah siapkan loyang dan olesi dengan minyak, kemudian masukan adonan yang ditengahnya dutusuk-tusuk terlebih dahulu dengan tujuan ketika dioven agar tidak menggelembung
4. Masukan kedalam oven dan panggang setengah matang terlebih dahulu, jika anda mensetting pada suhu 120 derajat celcius maka kira-kira dipanggang 15menit.

Bahan untuk saus
Tomat, 6 buah yang diparut halus
Bawang putih, 3 siung dicincang
Bawang bombai, ukuran besar 1 buah dicincang
Saus tomate 6 sendok
Merica, garam dan gula pasir secukupnya

Cara membuat Saus Pizza
1. Tumislah bawang putih dan bawang bombay hingga terlihat layu, kemudian masukanlah saus tomat dan aduklah hingga merata
2. Masukan bahan lain seperti gula, garam dan merica,kemudian aduk kembali dan masak hingga matang dan mengental

Bahan untuk isi
Sosis siap saji 4 batang(biasannya yang dijual diwarung)
Keju yang sudah diparut sesuai selera anda

Cara membuat isi
Iris tipis-tipis sosis kemudian parutlah keju

Cara membuat Pizza
1. Siapkan roti Pizza setengah matang tadi, kemudian taburi dengan irisan sosis dan siramlah dengan saus.
2. Jika semua sudah taburi dengan parutan keju hingga merata diatas permukaan roti
3. Panggang lagi kedalam oven kira-kira 10-15 menit hingga matang.

Cara tersebut adalah yang sangat sederhana, namun jika anda ingin yang lebih mantab pada umumnya untuk bahan isi juga ditambahkan tumisan jamur merang, daging sapi dan paprika. Satu hal lagi jika anda lebih suka yang pedas silahkan tambahkan saus pedas sesuai dengan selera.   

0 comments:

Post a Comment