Cara Membuat Kue Satru Kacang Hijau Lezat dan Mudah

Kue kering ini agak keras jika digigit namun akan mudah lumer ketika sudah masuk kedalam lidah, dan rasanya sangat manis dengan aroma kacang hijau. Kue ini banyak orang yang mengenalnya sebagai kue Satru yang sangat populer dimasyarakat Indonesia sejak dahulu kala hingga sekarang dan diminati oleh berbagai kalangan.

Kue Satru sangat cocok untuk cemilan dirumah maupun untuk sajian para tamu, dan uniknya ada yang menyebutnya sebagai kue Satu bahkan kami sempat browsing ada yang menjual kue ini di situs Amazon dengan sebutan yang sangat keren yaitu Mung Bean Cookies(Kue Satru Kacang Hijau).

Kue Satru berwarna putih buram seperti serbuk yang memadat, biasanya berbentuk bundar, kotak dan dalam perkembangannya ada yang berbentuk bunga, bulan sabit dan lain-lain. Walaupun kue ini cukup sederhana dan murah namun rasanya sangat lezat, sehingga membuat orang yang memakannya seakan-akan tidak ingin berhenti hingga kue habis.

Tidak ada yang tahu mengenai asal-usul dari kue kering manis ini, namun ada yang menyebutkan kue ini menjadi salah satu kue khas Betawi, walaupun didaerah-daerah lain seperti Jawa Tengah dan Jawa Timur kue Satru juga sudah sangat memasyarakat sejak dahulu, dan masih mudah kita dapatkan ditoko oleh-oleh atau toko kue.

Bagi anda yang tertarik untuk membuat kue Satru sendiri, pada hari minggu yang indah ini kami akan berbagi tentang resep dan cara membuat kue Satru yang sangat lezat dan ternyata pembuatannya juga sederhana dan mudah.
Resep Kue Satru
Kacang hijau 400 gram , disangrai, kupas kulitnya
Gula halus 350 gram
Essence vanili 1/2 sendok teh

Cara membuat
1. Pertama sangrailah kacang hijau kemudian hilangkanlah kulitnya, dan ditumbuk atau diblender hingga lembut dan halus
2. Jika sudah masukan bahan lainnya yaitu gula halus dan essence vanili, dengan air kira-kira 4 sendok makan, kemudian aduk hingga merata
3. Masukan adonan yang sudah jadi tersebut ke cetakan dan dipadatkan
4. Ovenlah hingga benar-benar kering, angkat dan dinginkan
5. Kue Satru siap dihidangkan.

0 comments:

Post a Comment