Resep Kue Ku Legit Manis aka Ang Ku Kueh

Di masa kecil nenek saya sering membuat sebuah kue yang sangat imut, berbentuk bundar seperti cangkang kura-kura dan berwarna-warni. Kue ini banyak orang yang menyebutnya sebagai kue ku atau Ang Ku Kueh, namun entah kenapa nenek saya dulu punya sebutan yang cukup aneh untuk jenis kue ini yaitu kue nten-nten.

Kue ku pada umumnya lebih sering dijumpai dengan warna merah merona dan hijau, yang keberadaannya sekarang menurut saya sendiri sudah mulai cukup jarang. Kue ini jika digigit agak sedikit kenyal karena terbuat dari tepung beras ketan dan isi didalamnya memiliki rasa yang manis dengan aroma kacang hijau.

Dahulu kue ini juga sering digunakan untuk sajian pada berbagai acara seperti arisan, pernikahan sampai khitanan, namun untuk sekarang menurut saya sudah agak jarang, dalam catatan kami tidak tahu untuk daerah lainnya masih banyak dijumpai atau tidak.

Kue ku ini juga menjadi salah satu kue khas tradisional Indonesia, namun beberapa sumber menyebutkan nama lain dari kue ini adalah Ang Ku Kueh, yang sangat mirip dengan ejaan Cina. Sayangnya kami tidak mendapatkan informasi secara mendetail mengenai asal-usul dari kue yang sangat nikmat ini, harganyapun juga sangat terjangkau.

Setelah sedikit mengulas dari kue ini, bagi anda yang ingin bernostalgia dengan kue ini namun agak kesulitan untuk menemukannya, mari kita membuat kue Ku sendiri dirumah. Berikut resep dan cara membuatnya. 
Resep Kue Ku
Tepung ketan 100 gram
Gula tepung 25 gram
Kentang kukus, 25 gram yang telah dihaluskan
Santan hangat 75 ml
Garam 1/4 sendok kecil
Pewarna merah atau hijau secukupnya
Minyak goreng 1/2 sendok

Bahan untuk isi
Kacang hijau kupas 50 gram yang telah direndam kira-kira direndam 1 jam
Gula pasir 40 gram
Santan 75ml
Garam secukupnya
Daun pandan 1 lembar

Cara Membuat Kue Ku
1. Buatlah kulitnya terlebih dahulu caranya, campurkan beberapa bahan seperti tepung ketan, gula tepung, kentang, minyak goreng, dan garam kemudian aduk hingga rata. Jika sudah masukan santan sedikit demi sedikit dan pewarna sambil diuleni.
2. Buatlah isinya caranya, kukuslah kacang hijau kira-kira setengah jam kemudian haluskan. Jika sudah campurkan beberapa bahan seperti gula pasir, santan, garam, dan daun pandan sambil diaduk diatas api kecil sampai matang.
3. Bagi adonan nomor 1, untuk setiap kue kira-kira 15gram. Kemudian pipihkan dan isilah tengahnya dengan adonan nomor 2
4. Siapkan cetakan yang sudah diolesi minyak goreng. kemudian masukan adonan sambil ditekan hingga rata.
5. Lepaskan kue ku dari catakan kemudian letakan diatas daun pisang yang sebelumnya sudah diolesi minyak
6. Kukuslah semua kue hingga matang kira-kira 15 menit(disarankan tiap 3 menit tutup pengukus dibuka untuk menghilangkan uapnya), jika sudah angkat dan olesi atasnya dengan minyak
7. Kue Ku sudah siap disajikan.

0 comments:

Post a Comment