Mari Membuat Es Serut Rainbow Nata de Coco

Nata de Coco adalah sebuah olahan dari air kelapa yang begitu populer didunia dan biasanya dijadikan sebagai hidangan penutup. Mungkin anda semua sudah pernah mencicipinya karena sangat mudah dijumpai dimall-mall atau toko, dan rasanya sangat segar manis dan kenyal.

Satu hal yang membuat kami agak bingung, sebenarnya Nata de Coco ini sejenis minuman atau makanan sih?, karena jika dibilang makanan kuah Nata de Coco juga bisa dibilang mampu melepas dahaga, namun jika hanya dibilang sebagai minuman saja Nata de Coco sendiri bisa digigit dan kenyal. Namun yang pasti hidangan ini sungguh nikmat apalagi jika disajikan dengan es batu sudah pasti maknyuuuus.

Jika dilihat dari namanya yang terdengar cukup aneh dan sulit untuk di eja, sudah pasti nama ini bukan bahasa Indonesia. Dan ternyata memang benar demikian karena berdasarkan Wikipedia, Nata de Coco jika diartikan dari bahasa Spanyol ke bahasa Indonesia artinya adalah krim kelapa (santan kelapa). Walaupun Nata de Coco merupakan bahasa Spanyol, ternyata jenis makanan atau minuman ini pada mulanya dibuat di Filipina, hal ini mungkin negara tersebut pernah menjadi koloni Spanyol.

Pada dasarnya Nata de coco adalah hasil dari fermentasi air kelapa, namun jangan salah sangka dulu walaupun ini hasil dari fermentasi bukan berarti bisa memabukan seperti hasil fermentasi yang lain. Satu hal lagi yang mungkin bisa membuat anda agak terkejut, ternyata Nata de coco dibuat dengan bibit bakteri Acetobacter xylinum yang ditumbuhkan dalam air kelapa yang sudah diperkaya dengan karbon dan nitrogen, sehingga air kelapa bisa berubah menjadi padat dan kenyal serta memiliki rasa yang manis.

Bakteri Acetobacter xylinum atau ada yang menyebutnya sebagai starter ini, bisa dibuat dari campuran buah nanas matang, dengan gula dan air yang dimasukan dalam botol, kemudian didiamkan selama 2 minggu. 
Setelah membaca ulasan singkat mengenai Nata de Coco, mari kita membuat salah satu minuman pelepas dahaga yang menggunakan bahan Nata de Coco, minuman ini namanya adalah Es Serut Rainbow Nata de Coco. Jika anda ingin mencobanya silahkan baca yang dibawah ini.

Resep Es Serut Rainbow Nata de Coco 
Nata de coco 12 sendok makan
sirup rasa Frambozen secukupnya
sirup rasa melon secukupnya
sirup rasa anggur secukupnya
sirup rasa lecci secukupnya
sirup rasa jeruk secukupnya
Es serut secukupnya

Cara membuat :
1. Siapkan mangkuk
2. Tuangkan 3 sendok makan nata de coco ke tiap mangkuk
3. Tuangkan Es serut hingga penuh dan menggunung
4. Jika sudah masukan sirup, dan tiap jenis sirup pada sisi yang berbeda
5. Es serut siap disajikan

Sumber :
http://tempatonlineku.blogspot.com/2012/08/resep-membuat-es-serut-pelangi-rainbow.html

0 comments:

Post a Comment