Resep Kue Dorayaki Kesukaan Doraemon dan Sejarahnya

Sebagian besar orang pasti tahu Doraemon, salah satu serial kartun dari Jepang yang juga disiarkan di Indonesia oleh salah satu stasiun TV swasta. Tokoh utama dari serial kartun ini menceritakan sebuah robot kucing masa depan yang sangat canggih karena memiliki kantong ajaib, uniknya lagi sebagai seorang robot, Doraemon juga diceritakan sangat gemar memakan sebuah kue yang bernama Dorayaki.

Mungkin sebagian dari kita ada yang tidak tahu dan menganggap kue tersebut hanya ada pada serial kartun saja, tapi kenyataannya ternyata kue ini memang benar-benar ada dan merupakan salah satu kue Tradisional dari Jepang. Berdasarkan sumber di Wikipedia, asal-usul dari kue Dorayaki ini pada awalnya terdiri dari satu lembar kue bundar dan sedikit dilipat dipinggirnya, dan kemudian pada tahun 1914, sebuah perusahaan kue di Jepang bernama Usagiya memperkenalkan Dorayaki yang terbuat dari adonan castella dan terdiri dari dua lembar panekuk.

Dora sendiri adalah bahasa Jepang, yang jika diartikan dalam bahasa Indonesia berarti Gong, dan seperti kita ketahui semua Gong memiliki bentuk yang bundar. Sebenarnya masih ada versi lain dari asal-usul dan sejarah kue Dorayaki, karena berdasarkan sumber yang kami dapat kue Dorayaki juga diceritakan diciptakan oleh seorang samurai bernama Saito Musashibo Benkei yang membuat roti dengan adonan tepung terigu di atas gong sehingga bentuknya bundar. Beliau membuat kue atau roti tersebut sebagai ucapan terima-kasih, atas budi dari penduduk yang merawatnya karena luka-luka dan sakit.

Membaca artikel diatas mungkin bisa membuat kita menjadi penasaran, seperti apakah rasa dari kue kesukaan Doraemon ini. Sayangnya di Indonesia tidak tahu ada yang menjualnya atau tidak, atau mungkin jika ada masih jarang, oleh karena itu bagi anda yang penasaran ingin mencicipi kue Dorayaki maka anda harus membuatnya sendiri. Bahkan menariknya lagi kemungkinan kue ini jika dijadikan ladang bisnis mungkin juga menguntungkan, karena kelihatannya masih jarang yang menjualnya sedangkan untuk nama kue Dorayaki sendiri banyak orang yang mengenalnya. Berikut resep dan cara membuat kue Dorayaki.
Resep Kue Dorayaki
Tepung terigu 360 gram
Gula halus 300 gram
Telur 6 butir
Madu 2 sendok makan
Baking powder 1 sendok teh
Air secukupnya

Bahan untuk membuat isi
Kacang hijau 1/2 KG
Gula secukupnya

Cara membuat
1. Campurkan semua bahan-bahan untuk membuat kue atau kulitnya, kemudian diaduk hingga merata
2. Buat isinya caranya adalah, rebuslah kacang hijau dan tiriskan kemudian haluskan dan diberi gula campur hingga merata. Jika sudah panaskan pada kuali hingga mengering
3. Siapkan cetakan kemudian panaskan dan diolesi mentega. Jika sudah tuangkan adonan kue Dorayaki atau adonan nomor 1 sampai matang atau menguning.
4. Ambil satu kulit Dorayaki yang sudah matang, kemudian olesi dengan bahan isi, jika sudah tutup dengan kulit Dorayaki lain.
5. Kue Dorayaki sudah siap untuk dinikmati
Catatan tambahan : selain isi kacang hijau, kue Dorayaki juga bisa diberi isi lainnya seperti keju, coklat, bermacam selai dan lain-lain

0 comments:

Post a Comment