Resep Donat Kacang Hijau dan Sejarahnya

Donat sebuah kue yang sangat populer sepanjang masa, yang tentunya hampir seluruh masyarakat pernah mencicipinya. Kue jenis ini pada umumnya berbentuk lingkaran yang tengahnya berlubang seperti cincin, yang sangat nikmat dimakan ketika dalam keadaan hangat maupun dingin. Kue donat pada umumnya diatasnya diberi tambahan pemanis seperti meses warna-warni, margarin, selai, pasta cokelat, hingga keju, dan dijajakan oleh penjual dari kelas pedagang kaki lima hingga kelas toko kue dengan merk ternama.

Pada dasarnya kue donat sendiri terbuat dari adonan tepung terigu, telur, mentega dan lain-lain yang pada umumnya dimasak dengan cara digoreng, dan dalam perkembangannya ada yang tidak berbentuk cincin namun berbentuk bundar, hingga oval, bahkan menariknya lagi ada yang disunduk seperti sate berbentuk bulat-bulat kecil. Untuk kue donat jenis ini biasanya bahan tambahan pemanis tidak diluar sepeti donat cincin namun berada didalam sebagai isi.

Beragamnya kue donat yang ada diberbagai belahan dunia tentu juga tidak lepas dengan sejarahnya yang cukup menarik untuk disimak. Berdasarkan Wikipedia sejarah dari kue donat masih menjadi perdebatan, karena munculnya beberapa pendapat yang berbeda, dan diantaranya ialah adanya satu teori yang menyatakan jika donat dibawa ke Amerika Utara oleh imigran dari Belanda.

Di sisi lain ada yang menyebutkan jika donat yang berbentuk cincin diciptakan oleh seorang Hanson Gregory yang merupakan kapten kapal asal Denmark. Kapten kapal tersebut ketika menyetir kapal selalu menggunakan kedua tanganya, sehingga kue yang akan dimakannya agar tidak mudah jatuh ditancapkan ke stir kapal hingga tengahnya bolong.

Orang-orang bule dari Amerika sering menyebut kue ini dengan ejaan Donut, sedangkan untuk ejaan bahasa Inggris tradisional ialah doughnut. Untuk di Indonesia sendiri, kue donat pada awalnya diketahui pada tahun 1968 pada stan American Donut di Djakarta Fair/Pekan Raya Jakarta, kemudian muncul beberapa merk terkenal seperti Dunkin’Donuts pada tahun 1985, dan lain-lain.

Setelah membaca uraian singkat mengenai sejarah kue donat yang sangat legendaris, maka mari kita juga mencoba untuk membuat salah satu dari jenis kue donat yang banyak sekali ragamnya. Untuk resep donat kali ini adalah kue donat dengan isi kacang hijau yang juga merupakan favorit saya. Donat jenis ini sebenarnya terlihat lebih tradisional jika dibanding dengan donat jenis lainnya, namun jika dilihat dari segi rasanya tentu tidak kalah dengan jenis-jenis donat kelas atas. Apabila anda tertarik bacalah yang dibawah ini.
Resep Donat kacang hijau
Kentang 500 gram yang dikukus terlebih dahulu, kemudian dihaluskan
Tepung terigu 500 gram
Kuning telur 4 btr
Putih telur 2 btr
Gula pasir 4 sendok makan
Yeast instant 10 gram
Susu bubuk 4 sendok makan
Mentega 4 sendok makan
Garam secukupnya

Bahan untuk isinya
Kacang ijo 150 gram yang telah dikupas, dan direndam 4 jam
Gula pasir  150 gram
Daun pandan
Garam secukupnya

Cara Membuat
1. Buatlah untuk adonan donat, caranya campurkan beberapa bahan seperti terigu, telur, susu, yeast instant, garam, kemudian aduklah hingga rata. Jika sudah masukan kentang dan mentega, uleni sampai kalis dan diamkan kira-kira 20 menit. Bentuk adonan tiap adonan kira-kira 20 gram

2. Buatlah bahan untuk isinya, caranya kukuslah kacang hijau sampai empuk, kemudian diblender dengan santan hingga halus. Jika sudah tuangkan beberapa bahan isi lainnya seperti gula, garam, daun pandan dan aduklah hingga rata. Masaklah sampai kental kemudian biarkan hingga dingin.

3. Pipihkan bulatan adonan nomor 1 kemudian isilah adonan kacang hijau nomor 2 sesuai selera anda, dan tutup kembali. Jika sudah gorenglah hingga matang

4. Tambahan, agar lebih maknyus lagi ketika habis digoreng bisa digulung-gulungkan pada wadah berisi wijen atau juga bisa dilumuri gula halus. Namun tanpa wijenpun donat goreng isi kacang hijau juga sudah nikmat untuk disantab.

0 comments:

Post a Comment