Cara Membuat Dodol, Endog Lewo dan Baruyot-Kue Khas Garut

Garut adalah salah satu Kabupaten di Provinsi Jawa Barat, yang berbatasan dengan Kabupaten Sumedang, Kab.Tasikmalaya, Kab.Cianjur, Kab.Bandung dan Samudera Hindia di selatan. Daerah ini memiliki banyak potensi wisata dan beragam makanan khas tradisional, yang bisa menjadi oleh-oleh bagi para wisatawan yang berkunjung didaerah ini.

Dodol Garut
Salah satu kue khas Garut yang sudah sangat populer diseluruh nusantara adalah Dodol garut, yang tentunya hampir semua orang mungkin pernah mencicipinya. Berdasarkan dari sumber yang kami dapat dodol garut menjadi salah satu komoditas sejak tahun 1962 dan dipelopori oleh Ibu Karsinah, bahkan kabarnya juga telah diekspor sampai ke luar negeri.

Berdasarkan sumber di Wikipedia Dodol Garut sendiri juga banyak macamnya diantaranya adalah dodol wijen, nanas, tomat, durian, coklat, dan lain-lain, yang banyak tersedia ditoko-toko dan warung-warung didaerah Garut bahkan juga beberapa daerah lainnya. Jika dilihat dari segi rasanya dodol garut sangat dominan dengan rasa manis dan agak kenyal dan lengket ketika digigit, sehingga membuatnya banyak disukai oleh banyak orang.

Cara membuat dodol garut sendiri sebenarnya juga cukup mudah namun membutuhkan ketelatenan, bagi anda yang ingin mencobanya berikut resepnya.

Resep Dodol Garut
Tepung ketan 250 gram
Tepung beras 25 gram
Gula pasir 125 gram
Gula merah 125 gram
Santan kental 125 ml
Santan cair 375 ml
Garam 1/4 sendok kecil

Cara membuat dodol Garut
1. Siapkan wadah dan campurkan beberapa bahan seperti tepung ketan, tepung beras dan garam, kemudian diaduk rata
2. Masaklah bahan pemanis seperti gula merah, gula pasir dan santan cair hingga mendidih, kemudian angkat dan disaring
3. Adonan nomor 1 dan nomor 2 campurkan, dan diaduk hingga merata seperti bubur
4. Jika sudah masukan santan kental sedikit demi sedikit, sambil diaduk


6. Siapkan loyang, dan masukan adonan yang sudah jadi pada loyang tersebut, kemudian dinginkan dan potong kecil-kecil sesuai selera.

Endog Lewo atau Emplod dan Burayot
Selain Dodol kue khas dari lain dari Garut adalah Emplod atau Endog Lewo dan Burayot yang tidak kalah nikmatnya. Untuk Emplod atau Endog Lewo seperti namanya kue ini mirip dengan Endog atau yang diartikan sebagai telur, dan terbuat dari ketela.

Asal-usul dari kue ini adalah juga sesuai dengan namanya yaitu barasal dari kampung Lewo di Kecamtana Malambong, Garut, namun masyarakat tersebut lebih mengenalnya sebagai Emplod. Kue ini mulai populer sejak awal tahun 1980-an, yang pada mulanya ingin memanfaatkan singkong yang tak terserap oleh pabrik tapioka dan akhirnya sangat diminati oleh masyarakat bahkan sampai luar daerah.

Resep Emplod atau Endog Lewo
Ketela 1/2 KG
Kelapa parut 1/4 Butir
1 Batang daun bawang dipotong-potong
Garam 1 sendok
Minyak goreng

Cara Membuat Endog Lewo
1. Pertama kukuslah singkong dengan parutan kelapa kemudian haluskanlah dengan cara ditumbuk
2. Campurkan garam dan daun bawang hingga merata
2. Siapkan wadah kemudian pipihkan adonan diatas, dan potonglah menjadi beberapa bagian sesuai selera dan dibentuk bundar
3. Jika sudah Goreng hingga matang

Untuk Baruyot yang juga merupakan salah satu kue khas Garut, jika dilihat dari namanya Burayot atau ngaburayot dalam bahasa Sunda memiliki arti sebagai bergelantungan. Kue ini memiliki rasa perpaduan antara rasa manis dan gurih sehingga banyak orang yang suka, dan jika anda sedang berlibur di daerah ini anda bisa mendapatkannya ditoko-toko kue khas Garut sebagai oleh-oleh.

Cara membuat Baruyot
Dibutuhkan bahan-bahan seperti gula merah, minyak kelapa, kacang tanah, dan tepung beras. Prosesnya juga cukup mudah yaitu menumbuk beras merah menjadi tepung beras, mencairkan gula merah dengan cara dimasak, dan menggoreng kacang tanah tanpa minyak kemudian ditumbuk hingga halus.

Campurkan semua bahan dan diaduk hingga merata, kemudian dicetak dan digoreng hingga matang. Tiriskan adonan yang sudah digoreng dan diangkat menggunakan penusuk bambu.

sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Endog_Lewo
http://www.inilahgarut.com/khas-garut/burayot-kue-tradisional-khas-garut.html

0 comments:

Post a Comment