Cara Membuat Plafond Eternit Sendiri untuk Rumah

Salah satu bagian rumah yang cukup penting adalah plafond, karena memeiliki berbagai fungsi untuk kenyamanan rumah kita. Fungsi dari plafond pada umumnya adalah mencegah jatuhnya kotoron dari atap rumah, menjaga suhu didalam ruangan karena bisa melindungi dari terik sinar matahari dari celah atap rumah, melindungi dari air hujan yang masuk dari celah atap, peredam bunyi bising dari air hujan yang jatuh, dan juga bisa memberikan kesan elegan pada rumah kita dengan desain tertentu.

Plafond sendiri sebenarnya banyak sekali jenisnya yang berdasarkan dari bahan pembuatannya dan salah satunya adalah plafond eternit atau asbes. Orang-orang Jawa jaman dahulu menyebut plafond seperti ini sebagai pian dan pada umumnya memiliki ukuran 1x1M atau 0,5x1M, yang bisa kita beli ditoko bangunan dimana saja, dan harganya sendiri juga tentu sangat bervariasi yang tergantung dari kualitas dan modelnya.

Selain mudah untuk kita dapatkan karena banyak produksi plafond semacam ini, keunggulan lain dari plafond eternit ialah cukup ringan sehingga mudah dalam pemasangan. Namun tidak lepas dari itu eternit juga memiliki kelemahan yaitu mudah retak atau patah, sehingga harus ekstra hati-hati dalam memasangnya.

Walaupun kita bisa dengan mudah membeli plafond eternit atau asbes ditoko bangunan, namun tidak ada salahnya jika kita juga mencoba untuk membuatnya sendiri. Jika anda tertarik silahkan baca yang dibawah ini mengenai cara membuat plafond eternit sendiri
Bahan-bahan yang dibutuhkan :
Semen 2KG
Mell(tepung putih mirip dengan kapur bangunan) 6KG
Limbah kain obras secukupnya
Air secukupnya

Cara membuatnya
1. Campurkan semua bahan diatas menjadi satu kemudian diaduk
2. Siapkan cetakan beralas plastik (ukuran 0,5x1M atau sesuai selera anda) yang sebelumnya telah diolesi dengan minyak tanah dan oli
3. Masukan bahan-bahan yang sudah diaduk, kemudian ratakan dengan alat ruskam atau alat penggosok
4. Tutuplah dengan karung kemudian triplek
5. Padatkan dengan alat roda walls atau roda lender, diatas triplek kira-kira 5 x bolak-balik

0 comments:

Post a Comment