Wedang Tahu Khas Semarang dan Resepnya

Menelusuri jenis minuman tradisioanl Indonesia memang serasa tiada habisnya, dari Sabang sampai Meurake pasti memiliki keaneka-ragaman masing-masing yang sangat menarik untuk disimak. Kali ini kami mendapatkan salah satu minuman khas ibu kota Jawa Tengah yaitu Semarang, tentang sebuah minuman yang cukup unik dan menarik perhatian yang bernama wedang Tahu.

Dilihat dari namanya mungkin anda langsung berpikiran minuman ini terbuat dari tahu yang sering kita makan dan banyak dijumpai dipasar-pasar. Namun ternyata tidaklah demikian karena wedang Tahu terbuat dari susu kedelai yang dicampur dengan air garam, dan bubuk agar-agar yang dimasak sehingga menjadi kembang tahu atau tahu sutera, yang akan dijadikan sebagai isi dari wedang Tahu tersebut.

Salah satu sumber menyebutkan Wedang Tahu konon berasal dari negeri Tiongkok yang dibawa ke Indonesia pada akhir abad ke-19, oleh seorang imigran dari negeri tersebut sehingga menjadi minuman khas Semarang. Menariknya minuman atau wedang ini juga bisa menghangatkan badan dan segar jika diminum karena kuahnya terbuat dari bahan dasar Jahe, sehingga akan cocok diminum dipagi hari, sore hari atau ketika cuaca dingin.

Pada umumnya para penjual wedang Tahu berkeliling dikampung-kampung dengan cara dipikul dan menggunakan media penarik perhatian pembeli berupa piranti musik teng-teng berukuran kecil dengan pemukul dari kayu. Sayangnya tidak semua daerah ada yang menjual minuman tradisional ini, sehingga bagi kita yang penasaran dan ingin mencicipinya harus pergi ke Semarang terlebih dahulu.
Oleh karena itu bagi anda yang benar-benar penasaran ingin mencicipinya ada baiknya untuk mencoba membuatnya sendiri. Jika anda ingin tahu resep dan cara pembuatannya silahkan baca yang dibawah ini.

Resep Wedang Tahu
 
Bahan membuat Kembang Tahu/Tahu Sutera
1 liter susu kacang kedelai
125 gram gula pasir
Agar-agar putih bubuk, cairkan dengan 50 ml air
1/2 sendok kecil garam

Bahan membuat kuah jahe:

250 gram gula pasir
100 gram gula merah
150 gram jahe
1 liter air
2 lembar daun jeruk
3 cm kayu manis
3 lembar daun pandan
3 buah cengkih
1/2 sendok kecil garam

Cara Membuatnya :
1. Pertama anda harus membuat kembang tahu terlebih dahulu, caranya rebus susu kedelai hingga mendidih kemudian tambahkan agar-agar,  gula, dan garam sampai mendidih. Jika sudah angkat dan biarkan sampai dingin dan membeku.

2. Buatlah kuahnya, caranya kupaslah jahe dan memarkan terlebih dahulu, kemudian rebuslah beberapa bahan yang sudah tersebut diatas seperti gula pasir, gula Jawa, daun jeruk, kayu manis, cenkih, garam, jahe, pandan hingga mendidih dan diaduk hingga larut.

3. Irislah tipis-tipis kembang tahu yang sudah dibuat, kemudian sajikanlah kedalam mangkuk dan tuangkan kembang tahu dan kuah.

0 comments:

Post a Comment