Resep Hamburger+Hotdog dan Mengenal Sejarahnya

Setelah beberapa kali kami mengulas beberapa jenis kue tradisional di Indonesia, kini tidak ada salahnya jika kita juga mencoba beberapa makanan dari luar negeri. Beberapa jenis makanan atau roti yang sudah sangat populer di seluruh dunia maupun di Indonesia adalah Hamburger dan Hotdog. Kedua roti basah ini tergolong sebagai makanan cepat saji yang dimakan langsung dengan tangan atau tanpa peralatan sehingga disebut sebagai Fingerfood.

Kedua makanan ini pada dasarnya adalah roti yang dibelah tengahnya kemudian diisi oleh beberapa bahan seperti daging, sayuran dan bumbu yang cepat untuk disajikan. Sehingga cocok bagi anda yang sibuk seperti ketika akan berangkat kerja di pagi hari namun tidak ada waktu untuk memasak, dan juga cocok disantab kapan saja dimana saja karena jenis makanan ini tergolong tidak ribet untuk dibawa kemana-mana.

Berdasarkan sumber di Wikipedia sejarah asal-usul dari Hamburger terdapat beberapa kontro versi. Berawal dari para imigran dari Hamburg yang memperkenalkan steak, yang kemudian dikenal sebagai Hamburg Steak, namun penyajiannya belum menggunakan roti. Menurut Komunitas Sejarah Seymour di Winconsin, Hamburger diciptakan oleh Charlie Nagreen yang membuat roti yang berisi bakso yang dipipihkan pada tahun 1885, karena Hamburg Steak sangat populer dimasa itu maka ia menamakannya dengan Hamburger.

Pendapat lain juga hadir dari Perpustakaan Kongres Amerika dan Pemerintahan Connecticut, yang menyatakan Hamburger dijual pertama kali oleh Louis Lassen di rumah makan miliknya, dan kemudian ada beberapa pelaut dari Hamburg singgah ke rumah makannya dan menamai makanan tersebut sebagai Hamburger.

Pada perkembangannnya Hamburger sudah tersebar hampir diseluruh dunia, dan masing-masing memiliki keunikan tersendiri seperti di Asia (Jepang, China, dan Taiwan) yang terdapat Rice Burger atau Hamburger yang menggunakan bahan nasi, dan juga ada yang mengganti daging dengan lobster, ikan, bahkan tahu (Tofu burger).
Perbedaan secara umum dan mendasar dari Hamburger dan Hot Dog adalah dari isi yang digunakan karena Hot Dog biasanya menggunakan sosis, sehingga roti yang digunakan juga memanjang, berbeda dengan Hamburger yang menggunakan roti berbentuk bundar.

Nah setelah mengetahui sedikit uraian mengenai Hot Dog dan Hamburger, mari kita juga mencoba untuk membuatnya sendiri. Seperti kita ketahui semua, kedua jenis makanan ini juga tergolong makanan mewah yang mungkin hanya orang-orang berduit yang suka membelinya. Oleh karena itu jika kita membuatnya sendiri akan membutuhkan biaya yang jauh lebih murah.

Resep Hamburger :
Bahan untuk membuat Steak untuk isi Hamburger :
Daging sapi cincang  250 gr
Telur kocok lepas  1/2 butir
lada bubuk sepucuk sendok kecil
Bawang bombay cincang 1 sendok kecil
Pala bubuk sepucuk sendok kecil
Tepung panir   1 sendok
Garam halus sedikit saja kira-kira sepucuk sendok kecil
Margarin   2 sendok

Cara Membuat Steak :

1. Campurkan beberapa bahan seperti daging cincang,  bawang bombay, telur, lada, pala, garam  dan tepung panir. Jika sudah aduklah hingga benar-benar merata dan dibentuk pipih kira-kira setebal 1CM
2. Masaklah adonan tersebut pada wajan dengan margarin yang telah dipanaskan. Jika sudah angkat

Bahan-bahan untuk membuat Hamburger
Roti
Selada
Timun yang telah diiris sangat tipis
Tomat yang diiris tipis
Bawang Bombay secukupnya dan iris kecil-kecil
Kentang goreng secukupnya yang telah diiris tipis
Keju tipis
Saus tomat
Saus pedas
Merica bubuk

Cara Membuat Hamburger :
1. Irislah roti pada bagian tengahnya, kemudian isilah dengan daging yang telah dimasak.
2. Masukan beberapa bahan seperti selada, keju, timun, tomat, bawang bombay dan kentang goreng.
3. Berikan saus tomat, saus pedas dan merica secukupnya sesuai selera anda.

Resep dan Cara Membuat Hotdog :

Resep Hotdog pada intinya juga hampir sama dengan hamburger, namun gunakan roti yang memanjang.
1. Panaskan margarin kedalam wajan kemudian masukan sosis didalam wajan tersebut sampai agak matang.
2. Belahlah roti yang sudah disiapkan kemudian olesi dengan sedikit margarin, dan masukan sosis tersebut.
3. Jika sudah masukan beberapa bahan seperti selada, timun, tomat, bawang bombay dan kentang goreng. Jika sudah siram dengan saus pedas, saus tomat dan merica.

0 comments:

Post a Comment