Resep dan Cara Membuat Serabi Solo dan Serabi Kuah

Serabi adalah salah satu jajanan khas tradisional Indonesia, yang mungkin Anda semua sudah pernah mencicipinya, karena jenis kue ini sangat mudah kita dapatkan dipasar-pasar tradisional maupun para pedagang yang ada dijalanan. Kue ini telah berkembang menjadi beraneka ragam yang setiap daerah memiliki keunikannya sendiri-sendiri, sehingga ada yang memakai kuah manis namun juga ada yang tidak, dan ada juga yang diberi tambahan bahan diatasnya seperti keju, meses, kacang dan lain-lain.

Beberapa orang juga menyebut kue ini sebagai Surabi, dan uniknya lagi dibeberapa daerah yang menjajakan kue ini ada yang dimasak pakai peralatan seperti wajan kecil yang terbuat dari tanah liat dengan api yang dihasilkan dari arang. Hal ini dilakukan karena memiliki cita rasa yang khas tersendiri, dan biasanya serabi seperti ini tidak menggunakan kuah, dan diatasnya juga telah ditaburi beberapa bahan-bahan lain untuk memberikan variasi rasa, selain itu juga terlihat lebih indah dan menggiurkan.

Berdasarkan sumber di Wikipedia beberapa daerah di Indonesia yang terkenal dengan kue Serabinya adalah Jakarta, Bandung, Solo, Pekalongan dan Purwokerto yang masing-masing juga memiliki ciri khas dan keunikannya sendiri-sendiri. Oleh karena itu bagi anda yang berkunjung ke kota-kota tersebut bisa mencobanya satu-satu dan melihat keunikannya masing-masing.

Setelah membaca uraian diatas tentang kue serabi yang beraneka ragam, mungkin akan membuat anda meneteskan air liur dan ingin segera memburunya dipasar-pasar atau dijalan. Namun tidak ada salahnya jika kita juga mencoba untuk membuatnya sendiri, oleh karena itu pada kesempatan ini kami akan sedikit berbagi tentang resep kue serabi tanpa kuah (serabi Solo) dan resep kue serabi yang menggunakan kuah. 

Resep Serabi tanpa kuah/Serabi Solo
Tepung beras 200 Gram
Tepung terigu 2 sendok makan
Gula pasir 50 gram
Garam 1/2 sendok
Santan 700 ml
Vanili bubuk 1 sendok kecil
Fermipan 1 sendok kecil
baking soda 1/2 sendok kecil
Daun pandan dan daun pisang secukupnya

Bahan Taburan
Untuk bahan taburan sesuai dengan selera anda seperti meisis, keju, pisang, nagka, dan lain-lain

Cara membuat Serabi Solo
1. Panaskan santan dan daun pandan, kemudian di aduk sampai merata dan mendidih, setelah itu diamkan sampai hangat
2. Ambilah bagian atasnya untuk areh kira-kira 100ml
3. Campurkanlah beberapa bahan seperti tepung beras, tepung terigu gula pasir garam dan vanili bubuk menjadi satu dan kemudian diaduk hingga benar-benar merata.
4. Masukan sisa santan kemudian aduklah secara merata
5. Uleni adonan hingga terasa licin,jika sudah biarkanlah terlebih dahulu kira-kira 1,5 jam, tunggu adonan hingga berbusa
6. Panaskan cetakan kue serabi bisa wajan biasa atau wajan dari tanah, dan api jangan terlalu besar atau juga bisa menggunakan arang
7. Masukan adonan serabi yang sudah jadi kedalm wajan kira-kira satu sendok sayur untuk setiap satu kue Serabi
8. Tunggu hingga Serabi berlubang, kemudian masukan santan areh yang sudah disisihkan sebelumnya sekitar satu sendok kecil dan bahan taburan sesuai selera anda
9. Tutuplah dan tunggu hingga matang.

Resep Kue Serabi Kuah :
Tepung Terigu 250 Gram
Telur ayam 1 butir
Santan Kental 500 CC
Garam secukupnya

Bahan untuk membuat kuah :

Gula Merah 100 Gram
Gula Pasir 25 Gram
Santan 250 CC
Daun pandan 1 lembar
Garam secukupnya

Cara membuat :
1. Kocoklah telur terlebih dahulu kemudian masukan beberapa bahan seperti tepung terigu dan garam kemudian aduklah sampai merata.
2. Masukan santan sekitar 200 cc dan uleni hingga licin
3. Tambahkan santan sedikit demi sedikit dan diaduk sampai merata
4. Panaskanlah wajan tanah atau wajan biasa dengan api sedang
5. Masukan Adonan yang sudah jadi sekita satu sendok kemudian tutup dan tunggu hingga matang
6. Jika sudah terlihat berlubang-lubang kecil tandanya sudah matang dan angkatlah

Cara membuat Kuah :
1. Masukan beberapa bahan seperti gula merah, gula pasir, garam, daun pandan dan santan, kemudian rebuslah dan diaduk hingga mendidih
2. Jika sudah angkat, dan menyajikannya masukan kedalam mangkuk beberapa serabi kemudian masukan kuah tersebut.

Untuk serabi kuah ada beberapa orang yang menganggapnya sebagai wedang serabi, karena pada dasarnya kuah ini juga manis rasanya. Sehingga apabila kuahnya banyak juga bisa menjadi pelepas dahaga sekaligus mengenyangkan dan cocok untuk dinikmati kapan saja.  

0 comments:

Post a Comment