Resep dan Cara Membuat Sirup Asam

Asam adalah salah satu jenis bumbu dapur yang sering digunakan untuk memasak yang bisa memberi rasa masam pada masakan yang kita buat. Beberapa orang juga menyebutnya sabagai Asam Jawa karena buah ini sering digunakan untuk bumbu beragam masakan Jawa seperti sayur asam, dan lain-lain.

Menurut sumber di Wikipedia tumbuhan penghasil buah ini pada awalnya didatangkan oleh orang-orang dari India, dan perkiraan asal-usulnya adalah dari savana benua Afrika timur yang sejak ribuan tahun yang lalu tersebar didaerah Asia yang beriklim tropis. Pohon asam (Tamarindus indica) sendiri juga bertubuh besar dan bisa tumbuh dengan baik pada ketinggian sekitar 1.000 m dpl, pada tanah berpasir atau tanah liat dengan musim kering yang cukup panjang.

Selain dimanfaatkan sebagai bumbu tentu saja Asam juga bisa digunakan untuk berbagai keperluan lain seperti ramuan obat herbal, manisan sampai dengan diolah menjadi minuman atau sirup. Bahkan ketika kita jalan-jalan di super market dan pasar tradisional terkadang kita menemui minuman yang terbuat dari Asam yang sudah dikemas dalam botol menjadi sirup Asam, yang mudah untuk di sajikan kapan saja.


Rasa masam dari buah ini tentu saja sangat memiliki ciri khas sehingga sangat segar ketika dijadikan minuman yang disajikan pada siang hari. Apalagi jika kita meminumnya dengan ditambah dengan es batu pasti rasanya maknyuuus. Untuk membuat sirup ini sebenarnya juga tergolong mudah, dan jika anda ingin mencobanya silahkan baca uraian dibawah ini.

Resep sirup asam :
1500 gr asam jawa
3000 ml air
3 kg gula
1 sendok kecil asam sitrun

Cara Sirup Asam :
1. Kupas asam kemudian direbus sampai mendidih didalam air 1000ml (air diambil dari takaran diatas), jika sudah selesai angkatlah dan disaring.

2. Rebuslah gula pasir dengan air 2000ml sampai mendidih, kemudian masukanlah sari asam yang telah dibuat di atas, kemudian diaduk-aduk hingga merata selama sekitar 20 menit dengan suhu kira-kira 80-90 derajat celcius.

3. Siapkanlah beberapa botol, dan jika sirup sudah dingin masukanlah kedalam botol tersebut.

Mudah bukan, dan jika anda ingin membuatnya lebih banyak silahkan kalikan saja resep di atas dengan kelipatan yang dibutuhkan. Sedangkan untuk resep di atas bisa menghasilkan beberapa botol sirup tergantung dari ukuran botol tersebut.

0 comments:

Post a Comment