Cara Membuat Es Gempol-Pelepas Dahaga Sekaligus Mengenyangkan

Es Gempol adalah salah satu jenis minuman khas tradisional yang semua masyarakat Jawa kemungkin sudah pernah merasakannya, karena rasanya yang segar jika diminum siang hari bahkan uniknya bisa membuat perut kita cukup kenyang. Mungkin anda bertanya-tanya kenapa minuman bisa membuat kita kenyang, karena sebagaimana kita tahu seluruh minuman dikonsumsi untuk melepas dahaga bukan untuk mengisi perut.

Minuman ini terdapat bola-bola yang terbuat dari tepung beras didalamnya, sehingga membuat kita tak hanya melepas dahaga namun juga bisa sebagai pengganjal perut sementara. Selain itu es Gempol biasanya juga dilengkapi dengan apa yang disebut sebagai Plered yang terasa manis dan kenyal karena terbuat dari tepung ketan dan gula Jawa, dan biasanya berbentuk seperti kantung-kantung kecil.

Es Gempol sudah tersebar luas di beberapa daerah di nusantara terutama Jawa, dan beberapa orang juga mengenalnya sebagai es Gempol Plered. Menurut sumber di Wikipedia asal-usul es Gempol adalah berasal dari kota Jepara (Jawa Tengah), namun ada yang menganggapnya berasal dari kota Pati (Jawa Tengah) sehingga hal ini juga menjadi sebuah kontroversi.

Biasanya para pedagang minuman ini banyak terdapat di pasar-pasar tradisional, atau berkeliling di kampung-kampung ada yang pakai gerobak dorong, ada yang seperti jamu gendong, dan pada umumnya memiliki ciri khas menggunakan tempat seperti gentong kecil yang terbuat dari tanah liat. Namun jangan remehkan minuman khas ini karena walaupun mungkin lebih dikenal sebagai minuman tradisional yang sering dijajakan oleh pedagang kaki lima, es Gempol juga tersedia di beberapa hotel-hotel maupun restoran dibeberapa daerah.
Mungkin bagi anda yang belum pernah mencobanya akan penasaran seperti apakah es Gempol ini, dan jika ditempat anda tinggal sulit untuk mendapatkannya maka anda bisa mencoba untuk membuatnya sendiri. Jika ingin tahu cara dan resepnya silahkan baca uraian di bawah

Resep es Gempol :
  • 400 gram tepung beras
  • 100 gram tepung sagu
  • 800 ml air pandan
  • 1200 ml santan
  • 400 ml air daun suji
  • 400 gram tepung ketan
  • 500 gram gula merah
  • Garam secukupnya
  • Nangka sesuai selera

Cara membuatnya :
1. Peratama anda buat bola-bola dari tempung atau yang disebut sebagai Gempol, caranya campurlah beberapa bahan seperti tepung beras, tepung sagu, air daun suji sedikit, santan, dan garam secukupnya, kemudian aduk sampai rata. Bentuklah adonan tersebut seperti bola-bola kecil dan kemudian rebuslah hingga matang dan biasanya akan mengapung sebagai tanda sudah matang.

2. Kedua buatlah Plered, caranya campurkan tepung ketan, gula merah secukupnya, garam secukupnya, dan sisa air daun suji kemudian aduk hingga merata. Bentuklah adonan tersebut tipis-tipis di atas daun pisang, lalu kukus hingga matang.

3. Sisa dari santan direbus dan dicampur dengan garam secukupnya, kemudian diaduk agar tidak pecah. Cairkan sisa gula merah hingga mendidih kemudian silahkan disaring

4. Jika semuanya sudah saatnya menyajikan, siapkan es batu, nangka, santan kental, gula jawa, gempol dan plered yang sudah dibuat.

0 comments:

Post a Comment