Cara Membuat Sirup Buah Sirsak Sendiri

Pada musimnya ketika melihat pohon Sirsak di luar rumah atau di kebun yang tumbuh berbuah begitu banyak, membuat kita gemas ingin segera memetiknya. Karena buah ini memiliki rasa yang unik yaitu asam dan manis, sehingga segar ketika dimakan disiang hari atau juga bisa dijadikan minuman.

Buah ini jika dibelah memiliki daging yang putih berserat dan juga terdapat biji-biji hitam didalamnya, sedangkan kulit luarnya terdapat beberapa duri-duri lunak yang mengelilinginya. Jika dilihat dari sejarahnya buah sirsak (Annona muricata) konon dibawa ke Indonesia pada abad ke-19 oleh orang Belanda, dengan nama zuurzak, dan uniknya di Indonesia sendiri buah sirsak di beberapa daerah memiliki sebutan yang berbeda-beda seperti nangka landa sebutan buah sirsak bagi orang Jawa, nangka buris nama sirsak bagi orang Madura, srikaya jawa sebutan dari oranga Bali, deureuyan belanda sebutan orang Aceh, durio ulondro sebutan sirsak dari Nias, dan lain-lain.

Berdasarkan sumber di Wikipedia buah sirsak banyak mengandung vitamin C, karbohidrat, vitamin B1, dan vitamin B2 yang cukup banyak, bahkan menurut sumber tersebut berdasarkan penelitian daunnya juga memiliki banyak sekali manfaat yaitu bisa membunuh sel-sel ganas bagi 12 jenis kanker, termasuk kanker usus besar, payudara, prostat, paru-paru dan kanker pankreas.
Mungkin sebagian orang menganggap busah Sirsak kurang enak dimakan langsung dengan alasan lengket, terlalu masam, dan lain-lain. Sehingga alangkah baiknya jika kita mencoba untuk membuatnya menjadi sebuah minuman atau sirup yang bisa disajikan kapan saja. Bagi anda yang ingin mencobanya namun belum tahu caranya silahkan baca uraian dibawah ini.

Bahan-bahan yang dibutuhkan :
  • 1 buah Sirsak yang sudah matang
  • 1500 gram gula pasir
  • 700 cc air
  • 1 sendok kecil asam sitrun
Cara membuatnya :
1. Belah buah sirsak kemudian ambil dagingnya dan buang isinya
2. Blenderlah daging Sirsak dengan sedikit air sampai halus
3. Kemudian masaklah air dengn gula sampai mendidih dan diaduk
4. Jika sudah masukan sari buah Sirsak kedalam adonan no.3
5. Aduk hingga merata kira-kira selama 15 menit dengan suhu antara 80-90 derajat Celcius.
6. Angkat dan biarkan sampai dingin, kemudian tambahkan sedikit asam sitrun.
7. Jika semua sudah sirup Sirsak anda sudah jadi, masukanlah ke botol

Sumber manfaat buah Sirsak dan daun Sirsak diatas diambil dari Wikipedia, dan jika anda ingin mengetahuinya lebih lanjut silahkan membuka melalui URL dibawah.
http://id.wikipedia.org/wiki/Sirsak

0 comments:

Post a Comment