Mengenal Markisa dan Cara Memanfaatkannya Menjadi Sirup

Buah Markisa adalah salah satu buah yang cukup populer di negeri kita yang tercinta ini karena rasanya yang asam manis, sehingga membuatnya sangat khas jika ditinjau dari cita rasanya. Pada dasarnya yang dikonsumsi dari buah ini adalah isi didalamnya yang berupa bintik-bintik kecil yang berjumlah sangat banyak, dan akan lebih mudah apabila diperas dan dijadikan minuman.

Buah ini ada sedikit kemiripan dengan buah delima, karena memiliki kulit luar yang keras dan untuk mengkonsumsinya pada umumnya dibelah terlebih dahulu menjadi dua bagian dan diambil isi didalamnya. Jika dilihat dari warna kulitnya juga hampir sama dengan Delima, karena buah ini pada umumnya memiliki warna ungu (passiflora edulis) yang tumbuh di dataran tinggi, dan warna kuning (passiflora flavicarva) yang tumbuh di dataran rendah. 

Asal usul-buah ini pada mulanya berasal dari daerah tropis dan sub tropis di Amerika, dan di Indonesia sendiri terdapat dua sentra penghasil buah Markisa terbesar yaitu Sumatera Utara dan Sulawesi Selatan. Namun selain itu juga ada buah markisa jenis lain yang sering tumbuh dan dibudidayakan di Sumatera Barat yang disebut sebagai markisa manis (passiflora edulis forma flavicarva).

Selain buahnya kulit Markisa sendiri dalam jumlah besar juga bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan lain dan salah satunya adalah untuk pakan ternak, hal ini mungkin disebabkan karena aroma dari kulit tersebut sehingga hewan ternak seperti domba mau memakannnya.

Untuk mengkonsumsi buah Markisa menurut kami agak repot apabila dikonsumsi secara langsung, hal ini karena daging Markisa sendiri menempel pada isi buah tersebut dan ukurannya sangat kecil. Sehingga buah ini akan lebih nikmat apabila kita jadikan minuman dan salah satunya adalah menjadikannya sirup.

Jika anda belum tahu caranya dan ingin mencobanya, silahkan simak uraian dibawah tentang cara mudah membuat sirup markisa sendiri.

Bahan-bahan yang dibutuhkan
1. 1/2 KG buah markisa yang sudah matang
2. Air matang sekitar 2 Liter
3. Gula Pasir 1/2 KG

Cara membuatnya
1. Cuci Markisa hingga bersih kemudian belah menjadi dua bagian
2. Ambil isi semua buah markisa dengan sendok
3. Jika semua isi sudah diambil, masukan kedalam blender ditambah setengah gelas air dan haluskan dengan blender tersebut
4. Jika sudah halus, saring hasil blenderan tersebut
5. Masukan gula kedalam panci ditambah setengah gelas air dan rebuus hingga mendidih dan mengental
6. Masukan saringan markisa kedalam panci yang berisi gula, dan diaduk-aduk hingga gula dan markisa merata.
7. Rebuslah sekitar satu jam dengan api yang kecil sehingga adonan tersebut menjadi mengental.
8. Jika sudah terlihat mengental kemudian angkat dan dinginkan, dan sirup anda sudah jadi.

Demikian cara membuat sirup markisa, sangat mudah bukan. 

0 comments:

Post a Comment