Sekilas tentang Nanas dan Cara Membuatnya Menjadi Setup

Nanas adalah salah satu buah yang bentuknya cukup unik karena memiliki sisik yang tebal dan diatasnya seperti memiliki mahkota yang bergerigi. Buah ini memiliki rasa yang asam dan manis sehingga segar untuk dimakan langsung atau dijadikan beberapa menu pelepas dahaga yang selalu siap memanjakan lidah anda.

Bentuk dari pohon nanas sangat rendah dan uniknya sebagian besar berupa daun yang tumbuh meruncing mengelilingi buahnya, dan akan mengalami penyerbukan secara alamiah melalui Burung penghisap madu (hummingbird) dan beberapa jenis serangga.

Selain dimanfaatkan buahnya, kabarnya daun nanas dibeberapa tempat seperti daerah istimewa Yogyakarta dan kabupaten Kulon Progo juga dijadikan sebagai bahan baku untuk membuat berbagai kerajinan seperti tas, dompet, kuas, tali, sapu dan lain-lain, karena mengandung serat yang baik.

Buah nanas bisa hidup dengan baik di daerah tropis seperti negeri kita ini, sedangkan jika ditinjau dari asal-usulnya buah ini berasal dari Brasil, Bolivia, dan Paraguay, namun sayangnya tidak diketahui kapan buah ini mulai ada di Indonesia.

Nama binomial dari buah Nanas adalah Ananas comosus, sedangkan awal mula nama nanas sendiri berdasarkan sumber di Wikipedia berasal dari sebutan orang Tupi yaitu anana yang memiliki arti sebagai buah yang sangat baik.

Selain nikmat untuk dimakan langsung, buah ini juga bisa dijadikan aneka hidangan untuk pelepas dahaga dan salah satunya adalah yang disebut sebagai setup nanas atau orang bule menyebutnya sebagai Pineapple Soup. 
Jika anda ingin tahu cara mambuatnya cukup sederhana, mudah dan tidak membutuhkan banyak bahan :
Bahan-bahan yang harus disiapkan :
1 buah nanas yang sudah matang
50 gram gula pasir
150 gram gula jawa atau aren
Kayu manis secukupnya
Garam secukupnya
3/4 liter air
 

Cara membuatnya :
1. Kupas buah nanas kemudian lumuri dengan garam
2. Cuci sampai bersih dan potong kecil-kecil
3. Masaklah air dicampur dengan gula pasir, gula Jawa dan kayu manis sampai mendidih kemudian disaring.
4. Masukan nanas yang telah dipotong kecil-kecil, kemudian rebuslah kembali sampai mendidih.
5. Jika semua sudah angkat dan dinginkan
6. Jika anda ingin menghidangkan akan lebih segar lagi jika diberi es batu.

Sangat mudah bukan?, dan jika anda ingin membuatnya lebih banyak silahkan kalikan saja takaran resep diatas dengan kelipatan 2x atau 3x, sesuai dengan kebutuhan anda. Satu tambahan lagi ketika mengupas nanas akan terdapat bintik-bintik hitam didalamnya yang berjumlah banyak, dan lebih baik bintik-bintik tersebut anda hilangkan.  

0 comments:

Post a Comment