9 Tip Untuk Melatih Kesabaran

Sabar adalah salah satu faktor yang sangat penting dalam kehidupan kita, karena tanpa sifat tersebut kita akan mudah stres yang akan merugikan diri kita sendiri bahkan orang lain. Sebagai orang beriman kita juga diwajibkan untuk selalu bersabar disegala kondisi, mengingat hidup tidak selalu di atas namun terkadang juga di bawah, sehingga kita harus melatih sifat ini agar kita selalu kuat dan ikhlash dalam menghadapi cobaan.

Semua agama pasti sangat mewajibkan sifat sabar yang juga menjadi salah satu dari iman kita kepada Yang Maha Kuasa, bahkan pepatah juga mengatakan Surga merindukan orang-orang yang bersabar. Untuk menjadi orang yang senantiasa mampu bersabar dalam segala kondisi, alangkah baiknya jika kita juga melatihnya, apalagi kodrat kita diciptakan sebagai manusia yang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Coba kita renungkan semua orang pasti memimpikan berhasil dalam hidupnya, namun untuk meraihnya tentu saja butuh perjuangan, usaha dan juga kesabaran. Mari kita tanyakan dari orang-orang yang telah sukses dalam kehidupannya, pasti mereka akan menjawab semua butuh usaha, kerja-keras, dan juga kesabaran karena didunia ini tidak ada yang bisa diraih dengan instan.
Untuk melatih kesabaran ada beberapa tip yang mungkin bisa anda coba dan di antaranya adalah :

1. Lebih mendekatkan diri kepada Yang Maha Kuasa, untuk memohon petunjuk dan pertolongannya. Jika anda sedang jenuh karena berbagai masalah cobalah untuk berdoa dan memohon dengan khusyuk, agar anda juga merasa lebih dekat kepadaNya.    

2. Tetap berfikir positif atau sebagai muslim lebih mengenalnya sebagai Khusnudzon (lawan dari suudzon = berburuk sangka), tetap berusaha dan berdoa.

3. Cobalah untuk melawan diri anda sendiri ketika mengalami sesuatu hal yang tidak menyenangkan untuk tidak mudah kesal dan marah, cobalah lawan sekuat tenaga atau berjanjilah kepada diri anda sendiri. Ada baiknya jika diperlukan tahan emosi anda ditempat sepi dan coba hirup udara sedalam-dalamnya selama satu menit semoga emosi bisa mereda.

4. Ketika anda memiliki masalah yang bisa menyesakan hati anda, cobalah untuk mengalihkan pikiran anda sejenak ke hal yang menyenangkan buat anda seperti bertamasya dengan keluarga atau teman. Pada dasarnya masalah memang tidak untuk dihindari namun dihadapi, namun di saat tertentu jika masih belum ada pencerahaan lebih baik segera istirahatkan pikiran anda sejenak dengan berlibur.

5. Terkadang hal-hal sepele juga bisa dijadikan untuk melatih kesabaran, seperti ketika kita sedang berada di antrian panjang atau jalanan macet jangan biarkan anda jenuh dan kesal, coba cari kesenangan dalam penantian tersebut. Karena bibit kesabaran juga bisa tumbuh dari hal yang kecil

6. Apabila anda mengalami kegagalan jangan mudah untuk kecewa, walaupun hal ini memang tidak mudah seperti membalikan tangan, namun kita harus mengontrol diri kita untuk ikhlash agar lebih mudah untuk bangkit kembali. Bahkan semua orang pasti juga tahu pepatah untuk hal ini, kegagalan adalah awal dari keberhasilan atau kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda.

7. Jangan biasakan diri anda ketika mengalami masalah ke hal yang negatif dengan kesenangan sesaat namun haram, anda pasti akan lebih terpuruk lagi. Hal ini akan jauh merugikan anda bahkan orang lain sehingga anda bisa dikucilkan dan selamanya hidup tidak tenang.

8. Ada baiknya di saat tertentu kita harus sadar dan merenung, masih banyak orang lain yang kurang beruntung dari kita, maka kita harus biasakan hidup bersyukur. Jadikan orang yang lebih baik dari kita sebagai penyemangat untuk sebisa mungkin mengejarnya, jangan jadikan orang yang lebih diatas kita sebagai media pengecil hati kita sendiri.

9. Jika anda seorang orang tua, jika sedang mengalami banyak masalah yang terasa sesak di hati ingatlah anak-anak anda yang sangat membutuhkan anda, sehingga anda akan lebih mudah untuk bangkit. Namun jika anda seoarang anak yang juga sedang mengalami banyak persoalan hidup ingatlah orang tua dan keluarga anda, jangan rugikan diri anda sendiri karena mereka menyayangi anda dan membutuhkan anda. Dalam hal ini secara singkat jadikanlah keluarga tempat berlindung untuk jiwa dan raga anda.

Demikian beberapa tip untuk melatih kesabaran dari kami, jika anda ingin menambahkan silahkan berkomentar dibawah, karena kami yakin masih banyak tip-tip lain yang tidak kami ketahui. 

0 comments:

Post a Comment