Cara Memanfaatkan Buah Nangka Menjadi Sirup

Setelah kami menulis tentang cara membuat sirup sirsak, sekarang kita beralih ke salah satu jenis buah yang memiliki rasa yang sangat manis dan dagingnya berwarna kuning merona. Buah ini adalah buah nangka yang tentu saja kita semua pasti pernah mencicipinya, bahkan banyak diantara kita yang merasa ketagihan dan tidak bisa berhenti untuk memakannya sampai habis.

Buah Nangka memiliki nama binomial Artocarpus heterophyllus dan orang-orang bule menyebutnya dengan nama yang cukup aneh yaitu jackfruit. Salah satu hal yang cukup unik dari buah ini adalah walaupun masih muda atau belum matang sudah bisa dimanfaatkan sebagai masakan yang dikenal sebagai sayur Gori dan Gudeg, bahkan menariknya isi buah nangka atau yang sering disebut sebagai beton juga enak dimakan dengan cara direbus dan ditambah sedikit garam.

Berdasarkan penelitian oleh mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran, buah Nangka juga mengandung berbagai nutrisi seperti vitamin A, vitamin C dan vitamin B. Dalam website resmi mereka juga menyatakan bahwa buah nangka memiliki beberapa manfaat yaitu meningkatkan kesehatan saluran pencernaan, membantu menyembuhkan borok lambung, mengatasi susah buang air besar, dan masih banyak manfaat lainnya.

Jika ditinjau dari asal-usulnya buah ini dipercaya berasal dari India dan telah menyebar luas di berbagai daerah tropik di Asia Tenggara dan juga negeri tercinta kita ini. Buah yang sangat manis ini juga sering kita dapatkan di pasar-pasar tradisioanal dan supermarket, dan bisa diolah menjadi berbagai macam makanan dan minuman.
Salah satu olahan dengan memanfaatkan buah Nangka yang mudah untuk kita coba buat sendiri ialah mengubahnya menjadi sirup cepat saji yang segar jika kita minum di siang hari. Oleh karena itu jika anda ingin mencobanya dan belum tahu resepnya silahkan baca beberapa langkah-langkah dibawah ini tentang cara mudah memanfaatkan buah nangka menjadi sirup.

Bahan-bahan yang dibutuhkan :
1/2 KG nangka yang sudah diambil dagingnya saja
400 cc air
1 KG gula pasir
1/2 sendok kecil asam sitrun

Cara membuatnya :
1. Cucilah dging nangka hingga bersih
2. Masukan kedlam blender dan ditambah sedikit air dan haluskan
3. Masaklah air yang dicampur dengan gula, dan diaduk-aduk hingga merata sampai mendidih
4. Jika semua sudah angkat dan biarkan sampai dingin, kemudian masukan asam sitrun dan diaduk kembali
5. Dengan demikian sirup nangka anda sudah jadi dan masukanlah kedalam botol.
6. Jika anda ingin membuatnya lebih banyak silahkan kalikan dengan kelipatan pada takaran resep di atas sesuai dengan kebutuhan.

Untuk manfaat buah nangka diatas diambil dari sumber website Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran (Farmasi.unpad.ac.id), dan jika anda ingin mengetahui lebih lanjut tentang manfaatnya, silahkan kunjungi link tersebut.

0 comments:

Post a Comment