Resep Kue Tradisional Legondo Khas Kotagede Yogyakarta

Jika anda sedang berkunjung didaerah Kotagede Yogyakarta terdapat bermacam-macam kuliner khas setempat yang layak anda coba. Salah satunya adalah sebuah jajanan tradisional yang memiliki nama yang unik yaitu Legondo(Legondho), dimana kue ini terbuat dari beras ketan kemudian dibentuk dan diisi dengan buah pisang raja.

Salah satu sumber menyebutkan jika kuliner ini sering dibuat untuk acara khusus yaitu untuk hantaran pernikahan oleh masyarakat didaerah tersebut, selain itu jika dikaji dari asal muasalnya konon kabarnya jika nama Legondho sendiri berasal dari kata leganing kondho yang merupakan bahasa Jawa dan jika diartikan adalah enaknya omongan.

Jika dilihat dari kemasannya kue tradisional ini juga menarik yaitu berupa daun pisang yang diikat oleh tali yang terbuat dari bambu, sehingga tentu saja akan terlihat alami dan juga sangat khas. Selain itu bisa dikatakan kuliner Kotagede ini juga mengingatkan kita dengan lemper karena sama-sama terbuat dari beras ketan yang dimasak dengan santan namun isinya yang berbeda yaitu berupa pisang raja, sehingga bisa kita bayangkan sendiri bagaimanakah rasanya.

Sayangnya Legondo jarang bisa ditemukan didaerah lainnya, oleh sebab itu jika anda diluar daerah dan ingin mencicipinya silahkan untuk mencoba membuatnya sendiri dan berikut adalah resepnya.
Bahan yang dibutuhkan
1/2 Kg beras ketan putih kemudian rendamlah beberapa jam
1 gelas santan kental dari 1 butir kelapa
80 gram gula pasir
2 helai daun pandan
Garam secukupnya
Pisang raja dikukus, untuk isi potong menjadi dua memanjang
Daun pisang dan tali bambu untuk pembungkus

Cara Membuat
  • Siapkan pengukukus kemudian kukuslah beras ketan setengah matang saja kira-kira seperempat jam
  • Dilain tempat didihkan santannya bersama garam,gula,dan daun pandannya
  • Jika sudah masukan beras ketan setengah matang kedalam adonan santan diatas, kemudian kecilkan apinya dan aduklah hingga santan meresap habis
  • Ambil sedikit adonan ketan kemudian letakan diatas daun pisang dan pipihkan
  • Isilah dengan pisang ditengahnya kemudian gulung hingga pisang tertutup
  • Ikatlah dengan tali yang telah disiapkan hingga rapat
  • Kukus lagi hingga benar-benar matang

0 comments:

Post a Comment