Resep Memasak Gadon Tahu

Ada sebuah masakan tradisional Indonesia yang dikemas atau dibungkus didalam daun pisang sehingga mirip dengan botok yaitu yang disebut sebagai gadon sapi. Namun ternyata masakan seperti ini juga ada variasi lainnya yang terbuat dari tahu, sehingga memiliki cita rasa yang berbeda dan tentu saja jika bahan yang digunakan dalam membuatnya juga lebih murah.

Gadon tahu juga sama dengan botok yang dimasak dengan cara dikukus, yang berupa tahu yang dihaluskan kemudian diberi beraneka ragam bumbu rempah sehingga memiliki rasa yang begitu gurih, dan akan selalu siap untuk menemani anda ketika sarapan.

Sayangnya masakan tradisional seperti ini memang terbilang hanya sedikit orang yang membuatnya, sehingga masih kurang populer ditengah masyarakat dan kami yakin jika banyak diantara anda yang belum pernah mencicipi kelezatannya. Oleh karena itu jika anda penasaran dengan rasanya berikut adalah salah satu resep yang bisa anda coba.
Resep
5 buah tahu putih dihaluskan
1 telur ayam
Daun pisang dan lidi untuk membungkus

Bumbu
4 bawang merah
3 siung bawang putih
1 sendok kecil garam atau secukupnya
1/2 sendok kecil ketumbar
1/2 sendok kecil merica
5 buah kemiri
Gula pasir secukupnya

Cara membuat
  • Haluskan semua bumbunya kecuali gula pasir, kemudian campurkan dengan tahu yang telah dihaluskan dan aduklah hingga merata
  • Kocoklah telur kemudian campurkan didalam adonan diatas dan aduk kembali
  • Ambil 1 sendok adonan kemudian bungkuslah didalam daun pisang, dan lakukan hingga semua adonan habis
  • Kukuslah kira-kira 10-15 menit hingga matang

0 comments:

Post a Comment