Resep Membuat Rempeyek Kacang Hijau Gurih

Salah satu jenis keripik tradisional makanan rakyat yang ada di Indonesia adalah yang disebut sebagai rempeyek, yang tentunya anda semua pernah mencicipi camilan seperti ini. Sedangkan camilan seperti ini sendiri cukup beragam jenisnnya yang dibuat dari beraneka ragam bahan, dan salah satunya adalah yang dibuat dari kacang hijau.

Rempeyek kacang hijau cocok untuk kita santab kapan saja, baik ketika makan nasi sayur maupun untuk dimakan langsung atau kudapan, selain itu rasanya yang gurih tentu juga akan membuat kita terasa tidak mau berhenti menyantabnya hingga habis.

Memang bisa dikatakan jika rempeyek yang terbuat dari kacang hijau seperti ini, tidak sepopuler yang terbuat dari kacang tanah yang bisa kita temukan dimana saja. Akan tetapi cita rasa dari kacang hijau yang khas tentu juga akan membuat keripik seperti ini tidak kalah nikmat dan gurihnya dengan yang lain, sehingga bagi anda penggemar keripik jangan sampai anda lewatkan yang satu ini.

Dalam membuat camilan sederhana dan cocok untuk kantong siapa saja seperti ini sebenarnya juga mudah, oleh karena jika anda tertarik untuk membuatnya berikut adalah salah satu resepnya.

Bahan yang dibutuhkan

150 gram tepung beras
1 sendok makan tepung sagu
200 cc air matang
1 kuning telur
75 gram kacang hijau, rebus setengah matang
Daun jeruk secukupnya, hilangkan tulangnya dan iris halus

Bumbu
3 siung bawang putih
1 sendok kecil ketumbar
1 sendok kecil garam
5 butir kemiri gelondong
Sedikit vitsin(optional bila suka)

Cara Membuat
  • Haluskan semua bumbu kecuali vitsin
  • Campurkan tepung beras, tepung sagu, bumbu halus, vitsin, kuning telur, daun jeruk kemudian tuangkan air sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga menjadi adonan
  • Panaskan minyak kemudian ambil satu sendok sayur dan siramkan ditepian wajan, taburi dengan kacag hijau
  • Gorenglah hingga matang kekuningan, kemudian angkat dan dinginkan, simpan didalam stoples bersih.

0 comments:

Post a Comment