Resep Membuat Kwetiau Goreng Enak

Masyarakat Indonesia juga dikenal gemar memakan mie, sehingga banyak terdapat aneka masakan yang terbuat dari mie tersebut. Jenis mie sendiri juga cukup beragam jenisnya dan salah satunya yang populer di Indonesia adalah apa yang dinamakan dengan Kwetiau, yaitu sejenis mie yang bentuknya pipih dan agak sedikit lebar jika dibandingkan dengan jenis mie lainnya. Jika dilihat dari namanya ejaan Kwetiau seperti bukan ejaan asli bahasa Indonesia, dan sesuai dari sumber yang kami dapat ternyata makanan seperti ini adalah asli dari Tionghoa, yang dibawa ke Indonesia, hingga kemudian disukai oleh masyarakat karena memiliki rasa yang khas.

Makanan mirip mie ini terbuat dari beras sehingga juga mengandung karbohidrat yang bisa membuat kita kenyang seperti layaknya memakan nasi. Bahan makanan seperti ini di Indonesia juga diolah menjadi beragam masakan dan salah satunya yang populer adalah Kwetiau goreng yang memiliki rasa yang enak, dan kami yakin sudah banyak diantara anda yang pernah mencicipi masakan seperti ini, karena juga bisa dibilang cukup mudah untuk bisa kita temukan para penjualnya dari kelas kaki lima alias angkringan hingga kelas restoran dan hotel berbintang.

Bahan dasarnya juga mudah untuk bisa kita dapatkan ditoko-toko sembako, mini market hingga pasar tradisional, dan harganya juga cukup terjangkau. Oleh karena itu berkaitan dengan hal itu semua, bagi anda yang ingin mencoba membuat sendiri Kwetiau goreng berikut adalah salah satu resep dan cara membuatnya.



Resep
1 bungkus Kwetiau
150 gram daging ayam goreng, disuwir-suwir
5 kekian siap saji, potong-potong
5 butir bakso sapi, iris tipis-tipis
10 lembar sayur sawi

Bumbu
3 siung bawang putih
1 sendok kecil merica
1 sendok makan minyak ikan
3 sendok makan kecap manis
Garam secukupnya
Vitsin secukupnya(optional bila suka)

Cara Membuat
  • Rebuslah Kwetiau kering dengan air kira-kira 3 menit, kemudian tuangkan 3 sendok minyak goreng agar tidak lengket. Jika sudah angkat dan tiriskan
  • Haluskan bawang putih, merica dan garam kemudian tumislah hingga harum
  • Masukan ayam goreng, kekian, bakso dan sawi kemudian aduk dan tunggu hingga sawi layu.
  • Tuangkan setengah gelas air, kemudian kecap dan vitsin, aduk rata
  • Tutuplah sebentar hingga bumbu tercampur
  • Masukan Kwetiau kemudian aduk semuanya hingga tercampur rata dan matang.

0 comments:

Post a Comment