Resep Memasak Soto Sapi

Soto adalah sebuah masakan khas tradisional Indonesia yang rasanya begitu segar dan nikmat, sehingga disukai oleh masyarakat dari anak-anak hingga orang dewasa. Masakan ini sendiri sebenarnya juga beragam jenisnya baik yang dibedakan atas dasar dari bahan yang digunakan untuk membuatnya, hingga dibedakan berdasarkan dari kekhasan suatu daerah tertent.

Jika sebelumnya blog ini membahas masakan soto ayam santan, maka untuk kesempatan kali juga masih seputar masakan sejenis namun yang menggunakan bahan berupa daging sapi sehingga tentu saja juga memiliki kekhasan rasa tersendiri.

Soto sapi sebenarnya juga cukup mudah untuk bisa ditemukan dimana saja, dari kelas kaki lima hingga restoran, karena masakan seperti ini juga merupakan salah satu masakan legendaris tanah air yang dari masa ke masa akan selalu ada penggemarnya. Seperti pada umumnya jika masakan ini juga memiliki ciri khas terdapat taoge didalamnya, dan secara umum masakan ini disajikan dengan nasi yang tentunya berbeda dengan ayam santan yang lebih sering disajikan dengan lontong.

Selain itu soto sapi juga nikmat jika disajikan bersama tempe goreng, kemudian perkedel kentang, kerupuk nasi, kecap manis, sambal dan perasan jeruk nipis pasti akan membuatnya serasa sangat segar dan juga nikmat. Setelah sedikit membahas tentang masakan  tersebut, maka bagi anda yang ingin mencoba membuatnya, berikut adalah resep dan cara memasaknya.

Resep
500 gram daging sapi
150 gram taoge, siram air panas
Daun sledri secukupnya, diiris halus
Bawang goreng secukupnya
2 liter air
3 sendok makan minyak goreng untuk menumis

Bumbu
4 siung bawang putih'
5 butir kemiri
1 sendok kecil merica
1 jari kelingking jahe
1/2 jari kelingking kunir, dibakar
60 gram gula merah
Garam secukupnya
1 daun salam
2 daun jeruk
1 batang serai
1 jempol lengkuas
Vitsin secukupnya(optional bila suka)

Cara memasak
  • Rebuslah daging sapi dengan 2 liter air hingga empuk, kemudian potong kecil-kecil, masukan kembali
  • Haluskan bawang putih, merica, garam dan kunir kemudian tumislah hingga harum
  • Masukan bumbu yang ditumis tersebut kedalam rebusan daging diatas dan rebus hingga mendidih
  • Masukan gula merah, vitsin, daun salam, daun jeruk, serai, lengkuas dan tunggu hingga mendidih lagi kira-kira 10 menit
  • Sajikan dan caranya adalah masukan nasi kedalam mangkuk, kemudian beri diatasnya taoge dan daun sledri iris halus, kemudian siramlah dengan kuah yang sudah dibuat bersama daging sapinya, dan tabur lagi dengan bawang goreng.

0 comments:

Post a Comment