Resep Memasak Opor Ayam Tahu Putih untuk Lebaran

Ada sebuah masakan yang sangat legendaris di Indonesia yang dihidangkan ketika hari raya Idul Fitri. Masakan ini tidak lain adalah Opor Ayam, yang bisa dipastikan anda semua pasti pernah mencicipinya, karena ketika lebaran tiba hampir diseluruh keluarga umat Muslim di Indonesia pasti membuat dan menyajikan masakan yang sangat nikmat ini. Pada umumnya masakan yang sangat lezat ini disajikan dengan ketupat, selain itu ada juga yang diberi sambal goreng hati beserta dengan kerupuk udang, yang akan menyempurnakan kenikmatannya.

Berdasarkan dari sumber yang kami dapat, konon kabarnya masakan seperti ini berasal dari Jawa Tengah maupun Jawa Timur bagian barat, yang kemudian tersebar diberbagai daerah nusantara. Jika dilihat dari rasanya masakan khas nusantara ini memiliki rasa yang gurih dan ada sedikit rasa manis dengan aroma harum yang sangat khas, sehingga masakan seperti ini disukai oleh masyarakat Indonesia disegala kalangan.
Sesuai dengan namanya yaitu opor ayam, masakan ini terbuat dari daging ayam yang dimasak dengan bumbu rempah, dan memiliki kuah yang berwarna kuning keputihan. Selain itu walaupun menu ini identik dengan daging unggas tersebut, namun dalam pembuatannya terkadang ada juga yang diberi tambahan bahan lain berupa tahu, dan mungkin juga bisa bahan lainnya sesuai dengan selera masing-masing.

Walaupun lebaran masih kurang lebih satu bulan lagi, tidak ada salahnya juga jika blog ini sedikit berbagi tentang resep beserta cara membuat masakan khas legendaris untuk hari raya lebaran umat muslim tersebut. Namun untuk opor ayam yang ini adalah yang juga diberi tambahan berupa tahu putih.

Resep
500 gram daging ayam(bisa paha, sayap, dada), kemudian goreng setengah matang
5 buah tahu putih, goreng setengah matang
2 gelas santan dan 1/2 butir kelapa
2 gelas air
1 lembar daun salam
2 lembar daun jeruk purut
1 batang serai
1 jempol lengkuas
25 gram gula merah
Vitsin secukupnya
2 sendok makan minyak goreng, untuk menumis
Bawang merah goreng secukupnya untuk taburan

Bumbu Halus
5 butir kemiri
1 sendok kecil jinten'
5 siung bawang putih
2cm kunir, dibakar
Garam secukupnya

Cara membuat
1. Haluskan bahan bumbu halus diatas, kemudian tumis hingga masak
2. Tuangkan sedikit air kemudian aduk, dan masukan daging ayam dan tunggu sebentar.
3. Jika sudah tuangkan air lagi sisanya kemudian tutup dan tunggu hingga bumbu benar-benar meresap
4. Masukan lengkuas, serai, daun jeruk purut, dan tuangkan 2 gelas santan.
5. Jika sudah semuanya tinggal menunggu hingga masak, dan taburi diatasnya bawang merah goreng.

0 comments:

Post a Comment