Resep Jagung Bakar Pedas Manis

Jagung adalah salah satu jenis sayuran yang sangat mudah untuk bisa kita dapatkan di negeri kita yang subur ini. Selain itu jagung juga bisa dijadikan berbagai macam masakan yang akan membuat masakan tersebut terasa sangat khas dengan aroma jagung. Salah satu jenis kuliner tradisional dari jagung yang mudah untuk dibuat namun memiliki cita rasa yang sangat nikmat adalah apa yang sering dikenal orang sebagai jagung bakar.

Bagi anda semua tentu sudah pernah mencicipi nikmatnya jagung bakar yang hingga kini masih populer ditengah masyarakat, karena jajanan seperti ini banyak yang menjajakannya diberbagai daerah dengan ciri khasnya masing-masing. Selain itu pedagang jagung bakar juga sering muncul terutama ketika cuaca dingin dan terlebih lagi didaerah-daerah wisata pegunungan.

Jenis jagung yang sering digunakan dalam membuat jagung bakar adalah jenis jagung manis namun yang agak muda, sehingga lebih empuk ketika digigit. Sedangkan api yang digunakan untuk memanggang jagung bakar pada umumnya adalah bara api yang dihasilkan dari  arang sehingga tidak terasa sangit dan lebih alami. 

Untuk menyajikannya pada umumnya jagung bakar disajikan ketika masih utuh, namun ada juga yang disajikan dengan cara disisir ketika sudah matang, kemudian sisiran jagung ditaruh pada piring, sehingga bisa disantab dengan sendok agar lebih mudah. Untuk mendapatkan jagung bakar memang relatif mudah, namun ada kalanya mungkin anda ingin mencoba untuk membuatnya sendiri, terlebih lagi jika anda sedang ada acara seperti tahun baru, berkemah dihutan atau mendaki gunung pasti akan lebih asyik apabila sambil membuat jagung bakar. Oleh karena itu jika anda ingin mencobanya berikut adalah salah satu resepnya.
Bahan-bahan yang dibutuhkan
5 buah jagung manis yang agak muda dan empuk
3 sendok makan mentega

Bahan bumbu halus atau olesan
2 buah cabai merah (cabai besar) yang dicincang halus
2 siung bawang putih
1/2 sendok makan gula merah
1 sendok makan saos tomat
2 sendok makan saus cabai
Garam secukupnya
Penyedap rasa secukupnya(bila suka)

Cara Membuat
1. Kupas jagung dari kulitnya namun jangan dipotong bonggolnya(buat pegangan ketika membakar) dan bersihkan
2. Olesi jagung dengan mentega kemudian bungkus dengan daun pisang dan bakar setengah matang
3. Bukalah daun pisangnya kemudian olesi jagung dengan bumbu halus, kemudian bakar lagi hingga matang.

0 comments:

Post a Comment