Cara Membuat Lem Kaca Sendiri

Sebelumnya kami pernah membahas tentang cara mudah dalam membuat lem yang terbuat dari kanji dan gabus, dan untuk artikel kali ini kami akan sedikit membhas tenatang cara membuat lem kaca. Sesuai dengan namanya tentu saja lem seperti ini digunakan untuk merekatkan kaca, seperti halnya apabila anda mempunyai aquarium yang bocor sehingga harus menutupnya kembali dan salah satunya adalah dengan bantuan Lem perekat.

Memang sebenarnya di toko-toko besi pasti tersedia beraneka macam merk lem kaca yang bisa anda beli dengan kemasan yang menarik dan harga yang juga bervariasi. Namun tidak ada salahnya juga apabila kita juga mencoba untuk membuatnya sendiri lem kaca tersebut, terlebih lagi bagi anda yang suka atau memang memiliki usaha dalam pembuatan aquarium yang tentunya sangat membutuhkan lem kaca yang sangat banyak. Sehingga apabila kita membuat sendiri salah satu faktor yang juga sangat penting adalah lebih hemat biaya.

Selain aquarium lem kaca mungkin bisa juga digunakan untuk merekatkan genteng yang terbuat dari kaca yang bocor akibat perubahan cuaca yang terus menerus, bahkan tidak menutup kemungkinan juga apabila akan digunakan untuk merekatkan beberapa benda lain.

Sebenarnya cara untuk membuat lem kaca juga cukup sederhana cuma mungkin ada bahan yang agak sulit untuk bisa kita temukan yang dibutuhkan dalam membuat jenis lem ini. Namun jika anda ingin mencoba membuat sendiri pada artikel kali ini kami akan sedikit berbagi tentang cara membuat lem kaca sendiri dan berikut bahan-bahannya.

1. 1 Ons Gom arab
Sesuai dengan sumber yang kami dapatkan bahan ini merupakan getah (resin) yang dihasilkan dari penyadapan pada batang tumbuhan legum sejenis polong-polongan yang memiliki nama ilmiah Acacia senegal. Gom arab disebut juga sebagai gum arabic yang memiliki arti getah Arab, dan berdasarkan sumber di Wikipedia Sudan merupakan penghasil terbesar didunia yaitu sekitar 70%.

Sumber lain ada juga yang menyebutkan jika Gom atau gum banyak orang Jawa lebih mengenalnya sebagai Kak, yaitu sebuah lem yang terkadang ada yang berbentuk kristal dan lain-lain tergantung dari jenisnya yang bisa kita dapatkan di toko besi. Selain itu juga bisa digunakan untuk menggelas knur layangan tajam.

2. 2 butir putih telur Ayam
memang pada dasarnya bahan seperti ini lebih sering digunakan untuk bahan dalam memasak, namun sebenarnya putih telur juga memiliki sifat mengikat dan mengentalkan

3. 2 ons tepung kulit kerang
Bahan ini sesuai dnegan namanya terbuat dari limbah kulit kerang yang dahulunya tidak terpakai, kemudian dihaluskan menjadi seperti tepung dan biusa digunakan dalam beberapa keperluan lain seperti campuran makanan ternak seperti bebek atau ayam petelur karena mengandung kalsium yang tinggi.

4. Air bersih secukupnya jangan sampai terlalu encer

Cara Membuat Lem Kaca
1. Siapkan wadah kemudian campurkan Gom arab dengan air atau direndam selama kurang lebih satu hari hingga hancur
2. Jika sudah tinggal memasukan bahan-bahan lainnya yaitu putih telur dengan tepung kulit kerang dan aduklah hingga benar-benar merata.
3. Lem kaca sudah siap untuk digunakan

0 comments:

Post a Comment