Resep Sup Buntut Sapi Indonesia

Ada beraneka ragam jenis sup yang ada di Indonesia maupun di Dunia, namun ada salah satu jenis sup yang sangat tersohor dan fenomenal sehingga juga dianggap sebagai makanan mewah yaitu sup buntut. Jika kita lihat dari nama dari sup ini memang sangat unik, karena buntut jika diartikan adalah ekor sehingga tidak heran jika bahan yang digunakan dalam sup ini diantaranya adalah ekor sapi.

Masakan ini berdasarkan dari sumber yang kami dapatkan merupakan makanan peranakan Indonesia-Belanda, sedangkan sumber lain juga menyebutkan setidaknya ada lima versi dari sup buntut, yaitu yang berasal dari Korea, Amerika Selatan, Cina yang cenderung agak mirip dengan semur, Britania Raya, Indonesia dan mungkin juga masih ada jenis-jenis yang lain.

Masakan ini bisa dibilang makanan mewah, karena seperti kita ketahui 1 buntut sapi kemungkinan hanya seberat 1 kg yang terdapat dalam seekor sapi, sehingga jangan heran jika daging buntut sapi ini harganya juga cukup mahal. Kabarnya buntut sapi sendiri apabila dimasak dalam sup juga akan mengeluarkan minyak yang akan tercampur dengan bumbu kaldu sehingga akan menghasilkan cita rasa yang khas dan nikmat berbeda dengan jenis daging lainnya.

Sup buntut sapi pada umumnya bisa kita dapatkan direstoran-restoran dengan harga yang bervariasi, namun jika anda juga ingin mencoba untuk membuatnya sendiri, pada kesempatan kali ini kami juga akan berbagi resep dan cara membuatnya.
Resep Sup Buntut Sapi
1/2kg buntut sapi
125 gram wortel yang telah dikupas dan dipotong tipis-tipis
125 gram kentang dikupas, dipotong kotak-kotak
1 buah tomat yang dipotong-potong
50 gram makaroni yang direbus
Seledri dan daun bawang secukupnya
Irisan bawang merah goreng untuk taburan sesuai selera

Bumbu
3 siung bawang putih
Lada butir sesuai selera
Biji Pala kira-kira 1 cm
1 sendok kecil Gula pasir
1 cm Kayu Manis
5 buah cengkeh
Garam dan penyedap rasa secukupnya

Cara membuat
1. Potong-potong buntut sapi kemudian direbus kira-kira 1 jam
2. Haluskan lada, biji pala, bawang putih dicampur garam kemudian tumis dengan minyak, dan masukan dalam kuah sup yang digunakan untuk merebus buntut sapi dan rebus kembali kira-kira 15 menit
3. Masukan bahan-bahan lain kedalam sup, dan rebus hingga matang
4. Angkat dan sajikan dengan ditaburi bawang merah goreng.

0 comments:

Post a Comment