Ayo Membuat Sabun Cuci Piring Cair Sendiri

Mencuci piring adalah salah satu kegiatan wajib kita sehari-hari, karena sesudah makan atau memasak kita harus membersihkan perabot-perabot untuk keperluan tersebut agar tidak kotor atau menjadi sarang kuman penyakit. Dalam mencuci piring, gelas atau perabot lain yang kita butuhkan selain air adalah sabun, karena melalui dua benda tersebut semua perabotan kita bisa dibersihkan. 

Pada umumnya sabun untuk mencuci piring atau gelas kebanyakan dalam bentuk kental atau orang-orang lebih mengenalnya dengan sabun colek, namun dalam perkembangannya sabun cuci piring juga ada yang berbentuk cair. Hal ini tentu juga dipengaruhi oleh selera masing-masing sesuai dengan keinginan kita lebih suka sabun colek atau sabun cair.

Setelah kami membahas tentang cara membuat sabun detergen pada artikel sebelumnya, maka untuk artikel kali ini kami akan mengulas tentang cara membuat sabun cair khusus untuk mencuci piring dan gelas. Memang sebenarnya sabun seperti ini tentu saja bisa dengan mudah kita dapatkan dimana saja, bahkan harganya juga cukup terjangkau, namun jika anda ingin lebih berhemat lagi atau ingin memiliki kepuasan sendiri anda bisa membuat sendiri sabun cuci anda.

Jika anda tertarik untuk mencobanya silahkan baca langkah-langkah dibawah ini tentang cara membuat sabun cuci piring cair.

Bahan-bahan yang dibutuhkan :
Texavon 70 50 gram
Tergital NPX 30 gram
Sodium benzoat 1 gram
HEC 1 gram
NaCL 10 gram
Air 2 gelas
CDE 2,5ml
Citrie Acid 1,5 gram
Sanisol 1ml
Pewangi 1ml
pewarna secukupnya

Cara membuatnya
1. Siapkan wadah kemudian campurkan H.E.C, NaCL, dengan air setengah gelas kemudian aduklah hingga merata
2. Jika sudah masukan Texavon kemudian diaduk
3. Masukan Tergital NPX kemudian diaduk
4. Jika sudah masukan beberapa bahan lain seperti sisa air, Citrie Acid, Sodium Benzoat, pewarna dan lain-lain kemudian diaduk hingga benar-benar merata
5. Sabun cair untuk mencuci piring sudah siap dipakai.

0 comments:

Post a Comment