Resep Bakpao Ayam dan Mengenal Sejarahnya

Ada salah satu jenis kue yang sudah tersebar di seluruh Indonesia, dan kabarnya kue ini sebenarnya berasal dari Tionghoa. Kue ini terlihat sangat ranum yang pada umumnya berwarna putih dan didalamnya juga terdapat bermacam-macam pilihan isi yang sangat lezat, dan sering kita jumpai diberbagai toko kue, dipasar tradisional maupun pedagang keliling.

Kue ini tidak lain ialah Bakpao yang merupakan salah satu jenis kue khas tradisional Tionghoa yang juga sangat populer di negeri tercinta kita ini. Jika dilihat dari namanya "Pao" sendiri memiliki arti sebagai bungkusan, sedangkan "bak" artinya adalah daging, sehingga bakpao mungkin bisa diartikan sebagai bungkusan yang berisi dengan daging.

Seperti namanya mungkin Bakpao pada awalnya hanya berisi daging, namun dalam perkembangannya kue lezat yang bikin kenyang ini juga menggunakan berbagai macam pilihan isi seperti kacang hijau, kacang tanah, kacang kedelai, coklat dan lain-lain. Kulit luar dari Bakpao terbuat dari bahan adonan tepung terigu yang bisa mengembang, dan dijaman dulu Bakpao yang khusus tanpa daging atau vegetarian diberi tanda merah pada atasnya, sedangkan untuk jenis isi-isi yangl ain juga diberi tanda warna yang berbeda.

Ada salah satu sumber yang kami dapat tentang asal-usul dan sejarah dari kue Bakpao. Secara singkatnya kue ini diciptakan oleh seorang perdana menteri Zhuge Liang (181 – 234) dijaman kekaisaran Liu Chan di Shu Guo, yang berhasil menumpas pemberontakan yang dipimpin oleh Meng Huo. Konon pemimpin pemberontak ini sudah 7 kali tertangkap dan karena kebijaksanaan dan kearifan sang perdana menteri Zhuge Liang, pemimpin pemberontak ini dibebaskan sebanyak 7 kali juga atau selalu dibebaskan. Bahkan Zhuge Liang ketika membebaskan Meng Huo juga berpesan "silahkan anda membentuk pasukan lagi untuk bertempur kembali".

Namun mendengar perkataan sang perdana menteri tersebut, Meng Huo menjadi terharu dan bersumpah tidak akan memberontak lagi. Kemudian sang perdana menteri dengan pasukannya akan pulang ke Cheng Du ibu kota Shu negeri asalnya dan juga diantar oleh Meng Huo, namun dalam perjalanan mereka terhadang oleh sebuah sungai yang sangat besar dan apabila akan melewatinya selalu terhadang oleh gelombang besar.

Kemudian sang perdana menteri bertanya kepada Meng Huo tentang sungai tersebut, dan jawaban dari Meng Huo adalah “Sejak zaman nenek moyang kami, apabila ada orang yang ingin melewati sungai ini harus melemparkan 50 kepala untuk persembahan kepada roh sungai”. Namun sang perdana menteri Zhuge Liang yang arif tentu tidak menginginkannya, kemudian ia membuat kue yang berbentuk bundar seperti kepala sebagai penggantinya dan diberi nama Bakpao. 

Nah setelah kita mengenal sejarah dari kue Bakpao yang lezat, ada baiknya mari kita juga mencoba untuk membuatnya sendiri sebagai camilan dirumah maupun sebagai bekal ketika berpergian. Bagi anda yang ingin mencobanya berikut adalah resep dan cara membuat Bakpao isi Daging ayam istimewa.

Resep Bakpao Ayam :
Tepung Terigu 450 Gram
Gula Pasir 3 sendok
Air Hangat 200 cc
Gist 1 sendok

Bahan untuk isinya
Daging ayam 200 Gram
Bawang putih 4 siung
Tepung kanji 1 sendok
Air 100 cc
Penyedap rasa, merica dan garam secukupnya

Cara membuat :
1. Cairkan gist dengan air 50 cc, kemudian tambahkan gula pasir satu sendok dan tepung terigu 3 sendok makan. Jemur sebentar sampai berbuih.
2. Campurkan adonan nomor 1 dengan sisa dari tepung terigu dan gula, beri air sedikit demi sedikit sambil diuleni.
3. Jika sudah tutuplah adonan tersebut dengan lap basah kira-kira selama 2 Jam
4. Untuk bahan isi cincanglah daging terlebih dahulu dan haluskan bawang putihnya. Tumislah adonan untuk membuat isi bakpao dengan 2 sendok minyak wijen.
5. Setelah adonan mengembang, bentuklah adonan bakpao dan isikan dengan daging ayam yang sudah ditumis
6. Siapkan kertas roti dan letakan adonan yang sudah siap diatas kertas tersebut. Diamkan kira-kira 15 menit
7. Jika sudah kukuslah dalam dandang panas hingga matang.

0 comments:

Post a Comment