Cara Membuat Jus dan Sirup Jambu Biji

Sebelumnya kami telah menulis tentang cara membuat sirup nangka, dan untuk artikel kali ini juga masih seputar buah-buahan yang bisa kita manfaatkan sebagai pelepas dahaga atau minuman yaitu buah Jambu biji. Seperti kita ketahui semua, buah ini juga memiliki rasa yang manis dan sangat segar, sehingga sering diolah menjadi beraneka ragam minuman dan makanan.

Pohon jambu biji sendiri menurut pengamatan di kebun kami terbilang sangat unik, karena seakan-akan tumbuh terus buahnya seperti tidak kenal musim. Walaupun kami sendiri tidak mendapatkan sumber secara ilmiah apakah benar jambu biji secara umum memang demikian atau tumbuh terus menerus. Namun salah satu hal yang pasti Jambu Biji mudah kita dapatkan dipasar buah atau super market dimana saja, dengan harga yang terjangkau dibanding dengan buah lainnya.

Berdasarkan sumber di Deherba.com, Jambu biji memiliki kandungan Vitamin C dan A yang tinggi dan juga mengandung serat terutama pectin sehingga bisa menurunkan kadar kolesterol. Selain itu sumber tersebut juga mengatakan, berdasarkan peneliti di Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA) buah ini juga tergolong kaya antioksidan, dan bisa menurunkan tekanan darah sehingga meningkatkan kesehatan jantung.

Jika dilihat dari asal usulnya berdasarkan sumber di Wikipedia, Jambu Biji berasal dari Brasil, dan telah tersebar di Indonesia melalui Thailand dengan sebutan yang bermacam-macam seperti Jambu batu, jambu biji, jambu siki dan jambu klutuk. Nah setelah kita mengetahui sekilas tentang Jambu Biji ada baiknya jika kita juga mengetahui apabila buah ini bisa kita manfaatkan menjadi sebuah minuman dalam bentuk sirup dan jus.
Oleh karena itu pada kesempatan kali ini, kami akan berbagi sedikit tip tentang cara membuat sirup dan jus jambu biji, dan jika anda ingin mencobanya silahkan baca uraian dibawah ini.

Cara membuat sirup Jambu Biji
Bahan yang dibutuhkan :
2Kg Jambu bis yang sudah masak
1Kg Gula pasir
1000 cc air
1/2 sendok kecil asam sitrun
 

Cara membuatnnya :
1. Kupaslah jambu dan dibelah menjadi dua, kemudian ambil bagian dalamnya dengan sendok.
2. Masaklah bagian dalam jambu tersebut dengan sedikit air sampai lunak, jika sudah tekan atau peras dan disaring agar isinya bisa dibuang.
3. Bersihkan daging jambu, dan campurkan dengan bagian dalam yang telah dibersihkan dari isinya, setelah itu diblender sampai halus.
4. Masaklah gula pasir dengan air sampai mendidih
5. Masukanlah hasil blenderan jambu kedalam larutan gula tersebut, dan kemudian diaduk dan dimasak bersamaan selama kurang lebih 15 menit.
6. Aduklah sampai merata jika sudah angkat dan dinginkan
7. Setelah dingin berikan asam sitrun dan diaduk kembali
8. Bila semua sudah masukan kedalam beberapa botol yang bersih.

Cara membuat jus Jambu Biji   

Bahan yang dibutuhkan :
5 buah Jambu Biji
1000ml air
10 sendok gula pasir
20 sendok sirup framboz

Cara membuatnya :
1. Potong kecil-kecil jambu biji yang sudah disiapkan
2. Campurkan gula, sirup dan potongan jambu kemudian blender sampai halus
3. Saring hasil blenderan tadim jika sudah tambahkan es batu
4. Sajikan kedalam gelas, dan tangkaran diatas bisa menjadi 6-8 gelas jus jambu.

Manfaat dari buah jambu biji diatas diambil dari Deherba.com, dan jika anda ingin tahu lebih lanjut mengenai manfaatnya silahkan buka link sumber dibawah ini.
http://www.deherba.com/mengenal-lebih-dalam-khasiat-jambu-biji.html

0 comments:

Post a Comment