Resep Kue Odading Khas Bandung

Kota Bandung memang memiliki beragam kuliner yang menggugah selera, baik itu berupa masakan maupun kue tradisional yang juga sudah tersebar diberbagai daerah. Salah satunya adalah apa yang dinamakan dengan kue Odading yang tentu saja bagi masyarakat setempat tidak asing dengannya, karena jajanan tradisional ini memang sudah ada sejak jaman dahulu atau jaman kolonial belanda.

Berdasarkan dari info yang kami dapatkan disebuah threat salah satu jejaring sosial ternama didunia maya, ternyata kata odading konon kabarnya merupakan kata serapan dari bahasa Belanda yaitu “0, dat ding?” yang memiliki arti “0, barang itu?”.

Hal tersebut karena ada sebuah cerita dimana ada seorang sinyo anak belanda yang ingin mencicipi makanan yang dijajakan oleh seorang pedagang keliling. Kemudian mami dari anak tersebut memanggil pedagang yang melintas tersebut dan menyuruh membuka isi dagangannya kemudian berkata “0, dat ding?”.

Kue Odading terbuat dari adonan tepung terigu yang dimasak dengan cara digoreng dan pada umumnya berbentuk persegi atau oval. Selain itu kuliner Bandung ini juga memiliki rasa yang manis sehingga cocok untuk dijadikan camilan, bahkan menariknya cara membuatnya juga cukup mudah dan berikut adalah salah satu resepnya.

Bahan yang dibutuhkan
750 gram tepung terigu
450 gram gula pasir
3 butir telur ayam, kocoklah hingga mengembang
2 sendok kecil ragi/fermipan
450cc air hangat
Garam secukupnya

Cara Membuat
  • Siapkan wadah kemudian masukan tepung, gula pasir, ragi kemudian air sedikit demi sedikit sambil diaduk dan jangan sampai menggumpal
  • Jika sudah masukan telur yang sudah dikocok dan aduk kembali hingga adonan kalis
  • Tutuplah dengan kain yang bersih dan diamkan ditempat hangat kira-kira satu jam agar mengembang 
  • Ambil sedikit adonan dan bentuklah sesuai selera. Ulangi hingga adonan habis
  • Gorenglah sambil dibolak-balik hingga berubah warna kecokelatan dan matang kemudian angkat tiriskan

0 comments:

Post a Comment